Hobi Beli Buku, Prof Usman Pelly Dijuluki Book Hunter

MEDAN – Sejak masih duduk di bangku kelas 3 sekolah dasar (SD), Ketua Pembina YPI Amir Hamzah Sekolah Para Juara, Usman, memang sudah sangat gemar membaca.

Kala itu, sembari berjualan kacang rebus, ia suka mencuri waktu untuk membaca. Kebiasaan ini terus berlanjut. Ketika tinggal di Amerika pada tahun 1976 hingga 1983, setiap ada uang, ia akan menggunakannya untuk membeli buku.

Hobinya mencari buku kemana pun ia pergi membuat ia mendapat julukan book hunter dari teman-temannya. Ia menuturkan tak mesti buku baru, ia juga selalu membeli buku bekas yang kualitasnya masih bagus.

“Jadi, di Amerika sana setelah selesai satu semester, banyak yang menjual bukunya. Itulah yang saya beli. Jadi memang di kampus ada tempat khusus yang menjual buku itu, dan penjualnya banyak. Masih banyak buku yang bagus jadi seperti keberuntungan buat kita,” katanya.

Bahkan karena hobi membeli buku ini, Usman sering kali ditegur isterinya ketika masih berada di negeri orang. Ia menuturkan kala itu, perekonomiannya juga tidak terlalu bagus.

“Jadi kalau isteri menemani saya ke toko buku, pasti bilang ingat Pak uang kita tinggal segini. Kalau beli buku tidak cukup. Saya akhirnya puas-puaskan dengan membaca saja. Tapi kalau sudah ada uang langsung saya beli,” katanya.

Dengan banyak membaca Usman menuturkan orang awet muda dan lama pikunnya. Karena itu, ia selalu menganjurkan kepada mahasiswanya untuk rajin membaca. Tak perlu buku berat, dari buku ringan saja bisa dimulai dan kemudian perlahan ditingkatkan. Bahkan sampai sekarang Usman menuturkan ia masih sering menghabiskan waktu dengan membaca.

Biofile :
Nama : Prof. Usman Pelly, MA., Ph.D.
Tanggal lahir : 12 July 1938
Istri : Dra Zanibar Parinduri
Anak :
1. Meutia Nauly
2. Embun Sari
3. Sri Fajar Ayu
4. Ratih Baiduri
5. Andalucia

Sumber: tribunnews.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s