Quran Tertua Tersimpan di Perpustakaan Inggris

Sebagian manuskrip Quran yang ditemukan di perpustakaan universitas Inggris ternyata merupakan salah satu salinan teks Islam tertua di dunia. Bahkan ada kemungkinan Quran tersebut ditulis oleh orang yang mengenal Nabi Muhammad. Demikian keterangan seorang peneliti, seperti dilansir Reuters.

Penanggalan radiokarbon menunjukkan bahwa perkamen yang disimpan di Universitas Birmingham di Inggris tengah itu, setidaknya berusia 1.370 tahun. Ini berarti merupakan salah satu peninggalan kitab suci Islam tertua yang pernah ada.

“Ini bisa membawa kita ke tahun-tahun saat Islam muncul,” kata David Thomas, Profesor Christianity and Islam di universitas itu, seperti dikutip Antara.

Menurut Thomas, manuskrip tersebut terdiri dari dua lembar perkamen berisi bagian dari Surat 18 sampai 20 dan ditulis dengan tinta dalam bentuk awal dari tulisan Arab yang dikenal sebagai Hijazi.

Pihak Universitas mengatakan, selama bertahun-tahun manuskrip itu terselip dalam manuskrip Quran serupa yang berasal dari akhir abad ketujuh.

Berdasarkan penanggalan radiokarbon, yang tingkat akurasinya mencapai 95,4 persen, perkamen tersebut diperkirakan berasal dari tahun antara 568 dan 645. Nabi Muhammad hidup antara tahun 570 hingga 632.

“(Perkamen ini) memberikan kita gambaran yang potensial bagaimana sesuatu yang kita sebut sekarang sebagai Quran dipakai pada periode awal dan bagaimana cara pencatatannya,” kata  Sajjad Rizvi, Direktur Institut Arab dan Studi Islam Universitas Exeter.

Sumber: gatra.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s