Perpustakaan Hendaknya Memperkuat Konten Lokal

BENGKALIS – Sebagai salah satu instansi yang menjadi penanda aktivitas kebudayaan Melayu adalah perpustakaan. Untuk itulah sebaiknya, perpustakaan yang ada di Riau harus memperkuat konten lokal yang dimiliki setiap daerah masing-masing.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Riau (BPAD), Yoserizal Zen dalam kunjungannya ke Badan Perpustakaan Umum, Arsip dan Dokumentasi (BPUAD) Kabupaten Bengkalis, Kamis (23/7).

Di Bengkalis, lanjut Yoserizal terdapat banyak sumber-sumber khazanah kebudayaan Melayu yang tentunya dapat digali baik dalam bentuk karya seni, cerita-cerita sejarah, adat dan tradisi.

“Misalnya cerita-cerita Yong Dolah, Syair Ikan Terubuk, Permainan Tradisional Bengkalis, Tari Zapin, Makam Tengku Bagus, Makam Putri Sembilan dan lain sebagainya, yang kesemua itu dapat dijadikan bahan untuk diteliti dan dibukukan atau diarsipkan,” jelas Yoserizal.

Selain itu, penguatan konten lokal itu sendiri menurutnya, dapat pula mendukung dari visi dan misi Riau 2020 sebagai pusat Kebudayaan Melayu di bengatangan Asia Tenggara.

“Saya kira, di sinilah kekuatannya. Penggalian-penggalian terhadap kekuatan lokal itu yang menjadi prioritas,” lanjut Yoserizal.

Sementara itu, kunjungan kali pertama di Kabupaten Bengkalis itu disambut langsung oleh Kepala BPUAD Kabupaten Bengkalis, Khairuddin R Nur didampingi Kabid Pelayanan, Anwar dan Kabid Pengembangan Chandara Wibawa.
Dalam kesempatan itu juga, Kaban BPUAD, Khairuddin menyatakan kebanggaan atas kunjungan yang dilakukan.

Katanya, kunjungan seperti ini sangat diperlukan untuk saling bertukar informasi dan mempererat tali silaturahmi.

“Apalagi saat ini masih dalam suasana bulan Sawal, dapat menjalin dan mempererat silaturahim serta dapat pula bertukar informasi guna kemajuan perpustakaan ke depannya,” ucap Khairuddin.

Sumber: riaupos.co

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s