Berawal Hobi Membaca, Kini Miliki 7.000 Koleksi Buku

PEKALONGAN – Berawal dari hobi membaca, Sri Widiati membuka Taman Baca Masyarakat Dimurti, hingga kini memiliki sekitar 7.000 koleksi.

Taman baca yang berdiri sejak 20 April 1985 silam tersebut awalnya berlokasi di daerah Ngebom Tirtaraya Mina di kawasan rumah dinas. Setelah koleksi bukunya kian bertambah, akhirnya ia memindahkan taman baca ke daerah Binagriya.

“Tapi saya masih tetap disana. Jadi wira-wiri dari ngebom kesini, disini ada petugasnya,” ujarnya.

Sri menuturkan, ia dan suaminya sangat gemar membaca. Hal ini membuat banyak buku menumpuk di rumah. “Akhirnya eman-eman, disana kan di daerah nelayan itu banyak anak-anak yang main begitu. Saya ajak ke rumah baca-baca. Tadinya mereka menolak, tapi akhirnya mereka mau,” paparnya.

Sejak pertama dibuka hingga saat ini, lanjutnya, masyarakat menyambut positif taman baca masyarakat yang didirikannya tersebut. Bahkan para siswa usia sekolah juga sering berkunjung ke taman bacanya. “Kalau yang hiburan biasanya anak-anak kecil novel itu usia TK-SD, tapi kalau anak SMA biasanya kalau dapat tugas dari guru untuk meringkas buku, mereka ke sini,” katanya.

Secara keseluruhan, ada sekitar 70.00 koleksi buku yang dimiliki oleh Taman Baca Dimurti. “Kita juga melayani misalkan ada anak-anak, kita setelkan CD cerita,” imbuhnya.

Disamping menyediakan berbagai macam buku, Taman Baca Dimurti juga turut aktif bergerak dalam bidang sosial. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya kegiatan yang digagas oleh taman baca tersebut.

“Kegiatan disini hari Jumat ada masak, membuat kerajinan. Sayangnya belum punya mesin jahit. Biasanya kalau ada anak ulang tahun kita mendapat pesanan untuk membuat tas tempat jajan,” katanya.

Ketika menjelang lebaran, pihaknya mengajak para warga daerah pemukiman untuk membuat kue kering dan manisan salak sebagai tambahan pemasukan mereka. “Terus nanti bersama-sama ada sisa berapa.

Sumber: radarpekalonganonline.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s