Wow, Wanita Ini Mampu Membaca 4.251 Kata Per Menit

Berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk membaca sebuah novel? Seorang wanita asal Inggris bernama Anne Jones hanya butuh 25 menit untuk menuntaskan sebuah novel berjudul Go Set A Watchman yang berjumlah 278 halaman.

Anne, seorang guru purnabakti berumur 63 tahun, adalah juara dunia enam kali kontes membaca cepat. Rekor yang ia buat antara lain menyelesaikan novel karya Dan Brown ‘Inferno’ setebal 624 halaman dalam waktu 41 menit 48 detik.

Catatan terbaiknya adalah ketika ia melahap Harry Potter and The Deathly Hallows karya J.K. Rowling setebal 607 halaman dalam 47 menit 1 detik. Dengan kata lain kecepatan membacanya mencapai 4.251 kata dalam satu menit.

Awalnya Anne hanya iseng mengikuti kontes membaca cepat di London tanpa niat memenangi apa pun. Tanpa ia sangka, ia jadi juara kontes dan ketagihan dengan predikat tersebut. Lantas ia berlatih untuk meningkatkan kecepatan bacanya.

Baca juga:
EKSKLUSIF: Pengakuan Mengejutkan Pengonsep Surat Edaran Gidi
Begini Penuturan Shintya Ihwal Para Penculiknya
Pembunuhan Nurbaety Terkait Berita? Ini Analisa Pakar

“Ketika saya berhasil menang, saya ingin menang lagi,” ujar wanita yang pernah mengajar di Regent College, Leicester itu.

Anne juga mengatakan bahwa membaca cepat tidak mengorbankan pemahamannya tentang buku yang ia baca. Dalam kontes membaca cepat, peserta akan dihadapkan dengan 30 pertanyaan terkait buku yang selesai dibaca.

“Anda harus ingat mantra apa yang diucapkan Hermione ketika lari dari kejaran naga Gringotts di Harry Potter, dan apa rasa dari es krim yang dipesan Scout di sebuah kedai es krim dalam Watchman,” imbuhnya.

Menurut Anne membaca cepat membutuhkan daya konsentrasi yang tinggi. Sekali pikiran melayang ke hal lain maka sulit menangkap inti dari suatu buku. Untuk itu ada beberapa metode cara mengembangkan membaca cepat salah satunya lewat Acceleread, sebuah aplikasi ponsel cerdas yang bisa diunduh gratis.

Perlu dicatat bahwa membaca cepat berbeda dengan teknik skimming. Membaca cepat mewajibkan pembaca menelan semua kata yang ada di buku tanpa mengabaikan maknanya. Sedangkan skimming mencari hanya mencari kata kunci yang berkaitan dengan subjek.

Sumber : tempo.co

Leave a comment

Filed under Minat Baca

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s