Pustakawan Selayaknya Menulis Buku

YOGYA  – Hari pertama masuk kerja di lingkungan Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Rabu (22/07/2015) selain halal bihahal dengan pimpinan universitas, diwarnai pula silaturahmi antara karyawan di lingkungan unit kerja masing-masing. Perpustakaan UGM mengadakan silaturahim dan Syawalan menghadirkan penceramah Drs HD Iriyanto MM mengangkat tema ‘Raih Kemenangan Pasca Ramadan’.

Nawang Purwanti menerima buku dari HD Iriyanto. (Foto : M Adhisupo)

Menurutnya, umat mampu meraih kemenangan pasca Ramadan itu karena Allah, sebab kalau kemenangan itu menggunakan konsep manusia tidak bisa untuk pegangan atau pedoman. Dengan kemenangan itu umat harus lebh baik dibanding sebelumnya dan berani hijrah. Kalau dulu hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah untuk membangun peradaban baru sekarang hijrah dari kebiasaan.

“Artinya, setelah meraih kemenangan selayaknya meningkat iman dan takwa, kalau pustakawan seharusnya mampu mengubah cara kerja menjadi lebih efektif. Kalau biasanya tidak mau menulis buku harus punya keinginan untuk menulis. Ibaratnya hidup itu buku, apa yang ditulis halaman demi halaman, dicatat akan menjadi bacaan bagi umat lainnya dan pustakawan akan selalu dikenang,” ujar Iriyanto.

Di sela-sela memberikan ceramah Syawalan di Perpusakaan UGM Bulaksumur ini Iryanto menyerah kepada Kepala Perpustakaan UGM Dra Nawang Purwanti MLib, 4  eksemplar buku Life Metamorphosis karyanya sembari memberikan motivasi agar pustakawan mau menulis. “Buku ini dengan sasaran guru, karena guru peletak dasar pendidikan, tetapi bisa dibaca semua kalangan,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Nawang Purwanti MLib menyerahkan kenangan kepada 2 calon haji Soekiryono bersama istri dan Pergola Iriyanti yang akan berangkat haji tahun ini dan kenangan untuk Misran yang purna tugas. Selain itu keluarga besar Perputakaan juga manganyubagya mantan Kepala Perpustakaan UGM Dr Drs Ida Fajar Pryanto MA yang telah lulus dokor bidang informasi dari Amerika.

Kepala Perpustakaan UGM berharap dengan adanya karyawan yang naik haji mampu menjalankan ibadah dengan mudah, sementara kepada karyawan yang purna tugas diucapkan terima atas pengabdiannya selama in. Khusus untuk doktor baru selamat atas keberhasilannya, semoga mendorong pustakawan lain segera menyelesaikan S3, setidaknya ada kandidat yang segera selesai.

Harapan yang sama juga disampikan Direktur Sumber Daya Manusi (SDM) UGM Dr Raminto, UGM ke depan masih membutuhkan tenaga-tenaga profesional dari S2 maupun S3. Perpustakaan UGM sudah memiliki seorang doktor, semoga segera menyusul kandidat yang lain. “UGM sangat membutuhkan tenaga handal, uggul, berani bersaing sehat dan bekerja dengan hati,” katanya.

Sumber: krjogja.com

Leave a comment

Filed under Pustaka

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s