Lembaran Al-Quran Tertua di Dunia Ditemukan di Perpustakaan Universitas Birmingham

Universitas Birmingham Inggris menemukan lembaran Al-Quran yang disebut-sebut merupakan yang tertua di dunia.

Lembaran Al-Quran tersebut sebenarnya telah disimpan di perpustakaan universitas tersebut sejak lama, bersama dengan koleksi buku dan naskah asal Timur Tengah lainnya. Fragmen teks ayat suci Al-Quran itu sendiri ditulis tangan di lembaran yang terbuat dari kulit doma atau kulit kambing,

Namun ketika seorang peneliti PhD melihat koleksi tersebut lebih dekat, diputuskan lah untuk melakukan tes penanggalan radiokarbon dari lembaran Al-Quran tersebut. Tes pun akhirnya dilakukan di Unit Akselerator Radiokarbon Universitas Oxford.

Hasilnya cukup mengejutkan, karena dengan probabilitas lebih dari 95 persen ditemukan bahwa lembaran Al-Quran itu setidaknya telah berusia 1.370 tahun. Hal itulah yang menjadikannya Al-Quran itu menjadi salah satu yang tertua di dunia.

“Menemukan bahwa kita memiliki salah satu fragmen Al-Quran tertua di dunia merupakan hal yang sangat menarik,” kata Direktur Koleksi Khusus Universitas Birmingham Susan Worrall seperti dimuat BBC (Rabu, 22/7).

Sementara itu menurut Profesor yang menggeluti pemahaman Kristen dan Islam, David Thomas memperkirakan bahwa merujuk pada usia lembaran Al-Quran itu, oang yang menuliskan Al-Quran tersebut kemungkinan besar hidup di masa Nabi Muhammad.

“Orang yang menuliskannya bisa jadi mengenal Nabi Muhammad. Ia mungkin pernah melihat Nabi Muhammad, atau mendengar khotbahnya, atau bahkan mengenalnya secara pribadi,” tandasnya.

Sumber: rmol.co

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s