Disdik Riau Canangkan Gemar Membaca

PEKANBARU –  Membaca sudah tersirat dalam Alquran supaya dilakukan hingga akhir hayat. Namun malangnya, di Provinsi Riau minat baca anak, terutama terhadap karya sastra dan budaya masih jauh dari harapan. Hal ini menarik perhatian dua Satuan Kerja (Satker) Pemprov Riau sekaligus untuk mencanangkan gerakan Gemar Membaca.

Dalam upaya mewujudkan Riau gemar membaca akan diupayakan oleh pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riau bersama BPAD Riau. Guna memulai rencana tersebut, Jumat (10/7), dua instansi tersebut menggelar rapat persiapan pencanangan gerakan Riau membaca, di Kantor Perpustakaan Soeman HS, Pekanbaru.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kadisbuddikdasmen Riau Kamsol, Kepala BPAD Riau Yoserizal Zen, Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Riau Surya Dharma serta Disdik dan BPAD kabupaten/kota di Riau.

‘’Pencanangan gerakan Riau membaca dilaksanakan agar seluruh siswa yang ada di daerah bisa mewujudkan budaya atau gemar membaca, terutama buku-buku cerita rakyat Riau atau buku-buku budaya Riau,’’ ungkapnya.

Metode penerapannya lanjut Kamsol, dengan menyiapkan di tiap sekolah terutama di kabupaten/kota, supaya setiap siswanya sebelum memulai pelajaran harus membaca buku terlebih dulu.

Dengan menggalakkan dan membiasakan hal tersebut, maka diharapkan tingkat  minat baca Riau lebih baik lagi ke depan.
Gerakan Riau membaca lanjutnya, nanti Disdikbud Riau akan bekerja sama dengan para penulis budaya untuk menerbitkan buku budaya atau cerita rakyat Riau. Sehingga mampu mendekatkan budaya atau cerita rakyat Riau kepada seluruh lapisan siswa maupun masyarakat, sekaligus menjadi sarana informasi, transaksi dan komunikasi di lingkungan siswa dan masyarakat sebagai keperluan.

Sementara itu, Kepala BPAD Riau Yoserizal Zen mengingatkan arti pentingnya perpustakaan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Selain itu, menurutnya perpustakaan umum yang tersedia di provinsi, kabupaten dan kota hingga kecamatan, perlu terus ditingkatkan peran dan fungsinya. Juga perlu meningkatkan pelayanan dan memperluas jangkauan hingga ke pelosok-pelosok desa.

‘’Upaya menumbuhkan pemberdayaan perpustakaan di masyarakat atau siswa, bisa kita mulai dengan penyediaan buku-buku bacaan terutama yang mengangkat budaya atau cerita rakyat Riau untuk memenuhi keperluan informasi bagi siswa maupun masyarakat,’’ ujarnya.

Sumber: riaupos.co

Leave a comment

Filed under Minat Baca

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s