Wujudkan smart city, Ahok bangun perpustakaan online ‘iJakarta’

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengungkapkan sebentar lagi warga Ibu Kota akan memiliki sistem perpustakaan online yang disebut ‘iJakarta’. Hal ini diakuinya untuk melengkapi gagasan Jakarta Smart City.

Ahok bercerita, sistem ini bermula saat seorang insinyur dari luar negeri menawarinya aplikasi penyimpanan buku. Namun ternyata salah seorang mahasiswa asal Yogyakarta bisa membuat aplikasi yang sama dengan tawaran insinyur itu.

“Ternyata ada anak Jogja yang bisa bikin versi kita. Saya bilang, kamu bikin deh. Karena saya tidak mau lagi di Jakarta ada sekolah punya perpustakaan tapi bukunya dimakan rayap,” kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Selatan, Jakarta, Jumat (10/7).

Menurut Ahok, sistem itu nantinya dapat menghemat anggaran Pemprov DKI. Adapun perpustakaan online tersebut dapat diakses dari mana saja tanpa mengeluarkan waktu dan tenaga yang lebih banyak.

“Jadi ini yang mau kita lalukan. Seluruh perpustakaan kita hanya disiapkan budget untuk baca saja. Pemeliharaan hemat, pembelian hemat,” kata Ahok.

Akan tetapi, Ahok mengaku hanya satu penerbit yang tertarik dengan konsep tersebut. Kata dia, masih ada penerbit yang enggan memajang koleksinya karena takut mengalami kerugian.

“Gramedia satu-satunya media yang mau bekerja sama. Beberapa media enggak mau. Mereka takut enggak laku. Saya bilang, laku kok kan kita ada buktinya,” pungkas dia.

Sumber: merdeka.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s