Perpustakaan Kota Pekalongan Miliki 34.000 Buku Siap Baca

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kota Pekalongan, didirikan oleh Pemerintah Kota Pekalongan sebagai Sarana Pembangunan untuk Peningkatan Sumber Daya manusia yang berkelanjutan dengan ciri “long live education” sebagai wujud kepedulian Pemerintah untuk mencerdaskan Masyarakat Kota Pekalongan. Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Pekalongan yang terletak di Jalan Jetayu No.2 Pekalongan ini mempunyai 34.000 koleksi buku yang terdiri dari berbagai kategori seperti adat istiadat, agama, ekonomi, batik, biografi, hukum, industri, info pekalongan, kelautan, kesehatan, komputer, seni, sejarah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kepala KPAD Kota Pekalongan, Maryati SH MSi menuturkan, bahwa KPAD Kota Pekalongan saat ini selain mempunyai perpustakaan digital juga mempunyai katalog online yang dapat membantu para pembaca agar lebih mudah mencari buku yang diinginkan.

“Katalog online ini berisi seluruh data terkait buku apa saja yang dimiliki oleh KPAD Kota Pekalongan. Para pengunjung perpustakaan akan mendapat fasilitas berupa katalog online ini yang nantinya dapat digunakan melalui handphone maupun gadget android untuk dapat melihat atau mencari buku apa saja yang dimiliki oleh perpustakaan,” jelasnya.

Menurut Maryati, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa saat ini minat baca masyarakat Kota Pekalongan terbilang cukup baik dan hal itu tak lepas dari kerja keras pihaknya selama ini untuk tak sungkan-sungkan mengajak masyarakat untuk gemar membaca.

Langkah-langkah untuk meningkatkan minat baca sudah dilakukan seperti mengadakan lomba-lomba, pameran buku, membentuk perpustakaan masyarakat, dan lain sebagainya.

“Kedepan kami akan terus mengadakan kegiatan yang dapat meningkatkan minat baca terutama untuk anak-anak, selain itu kami di bulan Ramadan ini juga ada kegiatan pengajian setiap hari Kamis,” pungkasnya. (ap7)

Sumber: radarpekalonganonline.com

Leave a comment

Filed under Pustaka

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s