Ahok Buat Perpustakaan Digital untuk Warga Jakarta

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, berujar sedang menyelesaikan sistem yang disebut ‘iJakarta’ untuk mewujudkan Jakarta Smart City. “Warga DKI bisa koleksi dan baca buku secara digital,” kata Ahok di Balai Kota, Jumat, 10 Juli 2015.

Penerapan sistem ini, Ahok bercerita, bermula saat seorang insinyur dari luar negeri menawarinya aplikasi penyimpanan buku. Tak disangka ada mahasiswa asal Yogyakarta yang bisa membuat aplikasi yang sama dengan tawaran insinyur itu. “Saya bilang buatkan Jakarta aplikasi itu, nanti saya beli,” kata Ahok.

Perintah itu tanpa pikir panjang dia sampaikan karena diprediksi punya banyak kelebihan. Misalnya, Ahok berujar, sekolah tak perlu lagi berurusan dengan debu dan hewan ngengat yang merusak buku. Selain itu, semua warga Jakarta bisa mengakses koleksi. “Komunitas, anak-anak, sekolah, semua bisa punya akses,” Ahok berujar.

Implementasi konkritnya, Ahok menambahkan, perpustakaan atau taman baca menyediakan perangkat baca buku secara digital, seperti komputer tablet atau sejenisnya. Nanti koleksi itu tinggal diakses lewat perangkat tadi. “Hemat pemeliharaan koleksi,” kata Ahok.

Baru satu perusahaan penerbit dan distributor buku yang mau bekerjasama dengan Pemerintah DKI. Perusahaan lainnya masih ragu karena khawatir tak laku. “Tapi kami mau coba karena dengan sediakan Rp 2-3 miliar bisa beli ribuan buku dan dibaca banyak orang.”

Sumber: tempo.co

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s