5 Perpus yang Bukan Cuma Jadi Tempat Baca

Meski sangat berguna karena menyimpan berbagai buku yang merupakan gudang ilmu, banyak mahasiswa malas melangkah ke perpustakaan (perpus). Alasannya, perpus itu nggak asyik dan cuma cocok buat mereka yang kutu buku. Bisa jadi, di antara Penghuni Kampus juga ada yang berpikir seperti itu.

Padahal, menurut Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, perpus bukan cuma tempat menyimpan buku loh. Seharusnya, perpus dibuat sebagai institusi yang menyediakan beragam informasi, baik cetak maupun audio-visual. Jadi, Penghuni Kampus bisa banyak berkegiatan dalam perpus.

Sayangnya, sampai saat ini masih banyak perpus yang orientasinya lebih ke arah menyediakan buku, lagi dan lagi. Jadi, kegiatan yang bisa dilakukan cuma membaca. Tentunya perpus semacam ini yang membuat Penghuni Kampus malas berkunjung, kan?
Padahal, banyak juga loh perpus di Indonesia yang sudah menerapkan konsep modern. Mengunjungi perpus ini membuat Penghuni Kampus betah berlama-lama nongkrong di dalamnya. Berikut perpus-perpus asyik yang pasti cocok buat Penghuni Kampus yang doyan nongkrong sambil mencari ilmu.
1. Crystal of Knowledge
Meski namanya kebarat-baratan, perpus satu ini berlokasi di Depok, tepatnya dalam kawasan Universitas Indonesia. Buat yang pertama kali berkunjung ke sini, Penghuni Kampus bisa saja mengira perpus ini sebagai mal.
Crystal of Knowledge memang tidak hanya mengoleksi buku. Di sini terjejer rapi tempat-tempat makan, toko buku, sampai fitness center. Nggak cuma itu, Penghuni Kampus bahkan bisa nonton film-film pilihan di ruang sinemanya. Pantas saja para mahasiswa kampus ini senang berlama-lama nongkrong di perpus, ya.
2. Freedom Institute Jakarta
Berpindah sedikit ke arah Jakarta, ada Freedom Institute yang jadi pujaan para pejuang skripsi. Perpus yang satu ini menyediakan banyak buku langka yang sulit dicari di tempat lain. Tempatnya yang cozy membuat para mahasiswa tingkat akhir enggan beranjak pulang.
Selain punya koleksi buku langka yang menggiurkan, perpus yang satu ini cocok buat Penghuni Kampus yang doyan nongkrong. Banyak kegiatan menarik digelar di sini. Peluncuran buku, diskusi, hingga workshop menjadi sejumlah program rutin yang diselenggarakan pihak Freedom Institute.
3. Perpus Kota Yogyakarta
Jika biasanya perpus itu kerap berada dalam ruangan tertutup, di Perpus Kota Yogyakarta, Penghuni Kampus bisa membaca buku dan berkegiatan lain ditemani semilir angin. Banyak orang datang ke sini bukan hanya untuk membaca, melainkan juga berekreasi bersama keluarga.
Selain membaca, Perpus Kota Yogyakarta punya segudang program yang membuat Penghuni Kampus nggak bosan berlama-lama duduk santai. Bahkan, di perpus ini tersedia sanggar menulis yang cocok banget buat Penghuni Kampus yang gemar membuat cerita dan semacamnya.
4. Perpus Amin Malang
Berada di kawasan Batu yang sejuk, Penghuni Kampus pasti akan takjub melihat perpus dari rangkaian kontainer yang disusun menyerupai egrang. Karya kreatif ini benar-benar dibuat dari kontainer bekas loh. Tidak hanya menyediakan ruang koleksi yang dipenuhi buku, Perpus Amin bahkan memiliki klinik kesehatan di dalamnya.
Bagi Penghuni Kampus yang suka menggalau, Perpus Amin juga sangat cocok dijadikan persinggahan. Sembari duduk-duduk di ruang koleksinya yang nyaman, Penghuni Kampus bisa menikmati pemandangan Kota Batu yang syahdu. Siapa juga yang nggak suka sama suasana kayak begini.
5. Reading Room Kemang
Berkonsep cafe library, sudah pasti Reading Room Kemang cocok buat Penghuni Kampus yang suka hangout sama teman, sekaligus membaca buku-buku bagus. Berlokasi di wilayah Kemang, kafe perpustakaan merupakan milik Richard Oh yang aslinya memang gemar mengoleksi buku.
Di sini, Penghuni Kampus bukan hanya bisa membaca koleksi-koleksi di perpusnya, Reading Room juga menyediakan ruang multimedia sehingga kamu bisa screening film. Nggak heran deh, kalau banyak klub buku yang sering warawiri di perpustakaan sekaligus kafe ini.

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s