Selama Ramadan, Pemesanan Alquran Meningkat

PONTIANAK – Pada bulan Ramadan kegiatan membaca alquran di kalangan masyarakat muslim meningkat. Tidak hanya membaca ayat-ayat alquran saja.

Namun masyarakat juga ingin memahami makna isi alquran menggunakan alquran terjemah yang saat ini sudah banyak beredar di toko buku.

Alwa Rerizia satu di antara warga Sungai Raya Dalam Pontianak mengatakan di bulan Ramadan kali ini ia membeli sebuah alquran terjemahannya dan sebuah buku fiqih wanita shalihah.

Terkait membeli alquran terjemahan, ia ingin tahu arti dan menelaah dari bacaan alquran. Apalagi di bulan Ramadan yang merupakan bulan diturunkan alquran. Maka katanya sudah selayaknya bukan hanya membaca tetapi juga harus memahami.

“Untuk beli buku fikih dan alquran yang pastinya untuk menambah refresinsi agar bisa menunutun saya agar lebih baik dari sisi spiritual. Ditambah bulan Ramadan, kalau kita membaca yang berbau agama apalagi alquran akan tambah semangat dan asyik. Saya membeli buku dan alquran di Tokoh Buku Gramedia Pontianak,” ujar Wawa sapaan akrabnya kepada Tribun, Rabu (8/7/2015).

Minat masyarakat terhadap alquran, alquran terjemah, dan buku-buku agama seperti tuntunan salat lengkap, umpulan doa, sejarah islam, serta masih banyak lagi jenis lainnya, tentu saja berpengaruh terhadap penjualan di beberapa toko buku.

Satu di antaranya adalah di toko buku Menara yang beralamat di Jalan Tanjungpura Pontianak. Hamir Hamzah, Staf toko buku Menara mengatakan sebulan sebelum memasuki bulan Ramadan atau semenjak masuk bulan Sa’ban sampai Ramadan banyak pemesanan alquran untuk mualaf-mualaf di beberapa daerah. Pemesanannya juga katanya ada dari beberapa Masjid dan untuk disumbangkan ke pesantren.

“Daerah Ketapang, Mempawah, Sintang, dan Singkawang adalah beberapa daerah yang melakukan pemesanan al-qur’an, buku-buka agama, fiqih, dan hadits di toko buku Menara. Selama ramadan, kita memberikan diskon 10 sampai 20 persen untuk setiap pembelian buku, baik alquran, buku agama, ataupun buku-buku umum lainnya,” ujarnya kepada Tribun, Selasa (7/7/2015).

Sumber: tribunnews.com

Leave a comment

Filed under Pustaka

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s