Liburan, Pengunjung Perpusda Turun 20 Persen

TEMANGGUNG – Jumlah pengunjung Kantor Arsip Perpustakaan dan Dokumentasi Kabupaten Temanggung atau biasa disebut Perpuskaan daerah (Perpusda) pada musiman libur sekolah tahun 2015 ini mengalami penurunan hingga sekitar dua puluh persen jika dibandingkan hari-hari biasa.

Kepala Sekso Perpustakaan, Tri Ambarwati, Senin (8/7), mengatakan, berdasar catatan yang ada, biasanya pengujung yang datang mampu mencapai dua ratus orang lebih setiap harinya. Namun kini hanya berada pada kisaran seratus lima puluh hingga seratus enam puluh orang saja. “Apalagi sekarang baru memasuki bulan Ramadan. Jadi, kemungkinan banyak yang lebih memilih berada di rumah sambil menikmati liburan,” katanya.

Ia memprediksi, situsi seperti ini akan kembali pulih ramai saat tahun ajaran baru 2015/2016 telah kembali aktif setelah hari raya lebaran usai digelar, karena anak-anak sekolah sudah aktif.

Menurutnya, pengujung perpustakaan, terutama penghujung pekan, tak hanya didominasi oleh kalangan pelajar dan mahasiswa saja. Namun tak sedikit pula yang berasal dari kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) hingga pensiunan. Bahkan, terkadang juga terlihat kaum ibu-ibu muda yang ingin memperkenalkan budaya membaca kepada anak-anak mereka yang masih dalam masa pertumbuhan.

Oleh sebab itulah ia mengajak masyarakat dari berbagai kalangan untuk kembali meningkatkan gairah membaca. Bahkan, disampaikan, bagi siapapun pengunjung berhak member masukan buku apa yang tengah dicari untuk segera masuk dalam daftar pengadaan tahunan. “Selain sebagai sumber lengkap referensi, keberadaan buku juga sebagai pengetahuan yang langgeng,” pesannya. (Mud)

Sumber: krjogja.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s