Perpustakaan Keliling Kembalikan Ruh Membaca

SUKABUMI – Taman ‘Urang’ di Lapangan Merdeka yang diresmikan Pemerintah Kota Sukabumi baru-baru ini berdampak positif bagi masyarakat. Apalagi dengan adanya perpustakaan keliling menambahkan edukasi bagi masyarakat terutama para pelajar. Perpustakaan yang disediakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kota Sukabumi ini menggunakan mobil berjenis minibus yang disulap menjadi perpustakaan mini.

SERIUS: Para pembaca di Taman ‘Urang’ Lapangan Merdeka Kota Sukabumi terlihat menikmati bacaannya.

Kepala Perpustakaan Umum Kota Sukabumi, Nike, mengatakan, perpustakaan keliling ini hadir di Taman ‘Urang’ setiap dua hari sekali dan di hari yang lain mobil ini berkeliling di Kota Sukabumi.

“Para pembaca yang didominasi anak-anak, dan perpustakaan ini menyediakan berbagai macam jenis buku untuk semua kalangan,” kata Nike.

Ia menambahkan, buku-buku yang ada di perpustakaan keliling ini hanya untuk dibaca saja, tidak untuk dipinjam dan dibawa pulang. Namun bagi yang hendak meminjam bisa datang langsung ke perpustakaan daerah yang ada di belakang Balai Kota Sukabumi.
“Perpustakaan keliling ada di Taman ‘Urang’ dari pukul 15.30 sampai 17.30 WIB,” tambahnya.

Sementara itu, salah orang tua pembaca, Rohyanti mengaku terbantu dengan adanya perpustakaan keliling ini. Menurutnya, selain memberikan edukasi bagi anaknya, perpustakaan keliling ini sebagai jawaban akan tantangan zaman yang serba gadget sehingga melupakan buku.

“Perpustakaan keliling ini sangat bermanfaat bagi anak-anak kita dan diharapkan anak-anak kembali menyukai buku dibandingkan gadget,” ujar Rohyanti.

Ia menilai, program pemerintah untuk anak kembali gemar membaca bisa terealisasi jika fasilitas yang disediakan memadai, terlebih keberadaan perpustakaan keliling ini bisa diperbanyak hingga perkampungan.

“Yang ada di perkampungan pun harus mendapatkan manfaatnya dan jadikan Kota Sukabumi sebagai Kota Pembaca,” pungkasnya.

Sumber: pojoksatu.id

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s