Perpustakaan Depok Butuh Buku

DEPOK – Memasuki usia ke-4 bulan, Perpustakaan Daerah Kota Depok ternyata masih banyak hal yang harus dibenahi, salah satunya adalah jumlah koleksi buku-buku di perpustakaan yang berlokasi di lingkungan Balai Kota Depok, Jalan Margonda tersebut.

Kepala Perpustakaan dan Arsip Kota Depok, Siti Chaerijah mengatakan, sekarang ini koleksi buku-buku di Perpustakaan Daerah Kota Depok ada 22.282 buku. Dimana, 3.032 buku diantaranya berasal dari sumbangan masyarakat. Jadi, koleksi yang memang berasal dari perpustakaan sendiri asa 19.250 buku dengan jumlah judul buku 11.855 judul.

Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan (SNP), jumlah buku koleksi di Perpustakaan Daerah Kota Depok, masih sangat jauh. Karena, hitungannya tiap 100.000 penduduk, harus ada 2.500 buku. Jika dihitung dari jumlah penduduk Kota Depok yang mencapai 2 juta jiwa, maka koleksi bukunya minimal ada 50.000 buku.

“Jumlah koleksi buku di Perpustakaan Kota Depok masih belum sesuai dengan SNP. Jadi, masih kekurangan, baru setengah saja dari kebutuhan bila sesuai dengan SNP,” ucapnya kepada Radar Depok.

Sadar akan hal tersebut, Perpustakaan Daerah Kota Depok terus melakukan pembenahan. Siti menjelasakan, selain pengadaan koleksi buku yang dananya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok, pihaknya juga mengajak perusahaanperusahaan
atau lembagalembaga untuk bisa berperan aktif dengan dana CSR-nya untuk pengadaan buku.

“Kami juga mengajukan proposal ke kementerian-kementerian yang menerbitkan buku. Selain itu, kami juga mengajak masyarakat untuk bisa ikut menyumbang buku,” tuturnya.

Menurut Siti, kebutuhan koleksi buku di perpustakaan sangat penting. Karena, minat baca buku masyarakat Kota Depok terus meningkat, seiring dengan perkembangan Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari data jumlah anggota perpustakaan dari Bulan April – Juni yang semakin meningkat tiap bulannya.

“Jumlah anggota perpustakaan Daerah Kota Depok sampai sekarang ini ada 1.195 orang. Dengan rinciannya, 632 pelajar, 83 mahasiswa, 333 karyawan/PNS dan 174 masyarakat umum,” terangnya.

Sumber: pojoksatu.id

Leave a comment

Filed under Pustaka

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s