Warga Cibungur “Bukber” di Taman Baca

NGAMPRAH, Sejumlah warga Kampung Cibungur, Desa Batujajar Timur, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat mengikuti buka puasa bersama (bukber) di Taman Baca Masyarakat Pengelolaan Lingkungan Cibungur, Sabtu (4/7/2015). Selain untuk meningkatkan jalinan silaturahmi antarwarga, kegiatan itu juga digelar untuk menyosialisasikan gerakan membaca masyarakat.

KETUA RW 10 KAmpung Cibungur, Desa Batujajar Timur, Kecamatan batujajar memberikan santunan kepada anak yatim dalam kegiatan buka bersama yang digelar TBM Pengelolaan Lingkungan Cibungur, Sabtu (4/7/2015).*

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 14.30 itu diawali dengan lomba memasak yang diikuti para ibu rumah tangga. Resep masakan diambil dari buku-buku yang tersedia di TBM Pengelolaan Lingkungan Cibungur.

Selain itu, rangkaian kegiatan tersebut juga diisi dengan tausiah, penampilan seni musik Islami, dan pembagian santunan terhadap 30 anak yatim. Seluruh rangkaian kegiatan itu melibatkan warga sekitar.

Pengelola sekaligus pendiri TBM Cibungur, Wildan Awaludin menuturkan, kegiatan itu memang digelar dari, oleh, dan untuk masyarakat sekitar. Dengan kegiatan itu, dia berharap agar masyarakat lebih dekat dengan buku, sehingga membaca menjadi bagian dari budaya mereka.

“Seluruh kegiatan ini melibatkan pengurus TBM dan juga warga sekitar. Alhamdulillah, mereka sangat antusias,” tuturnya, Sabtu (4/7/2015).

Wildan menuturkan, TBM Pengelolaan Lingkungan Cibungur telah berdiri selama lima tahun dan kini masih terus dilakukan berbagai pengembangan. Saat ini, jumlah anggota mencapai lebih dari 200 orang, sebagian besar merupakan warga sekitar.

Saat ini, koleksi buku di TBM Cibungur sekitar 3.000 judul, terdiri atas berbagai kategori seperti novel, agama, pendidikan, budaya, dan lainnya. Selain kegiatan membaca, TBM tersebut juga menggelar kegiata rutin di antaranya pelatihan sastra, teater, dan musik.

“Dengan berbagai kegiatan ini, kami ingin memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa dengan membaca, kita bisa menguasai berbagai hal yang bermanfaat,” katanya. (Cecep Wijaya/A-88)

Sumber: pikiran-rakyat.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s