Buku Langka Franz Kafka Akhirnya Diserahkan ke Perpustakaan Israel

Jakarta – Pengadilan Israel memutuskan koleksi langka dari manuskrip Franz Kafka diserahkan ke Perpustakaan Nasional. Franz Kafka adalah novelis sekaligus cerpenis Jerman yang berpengaruh pada abad ke-20 dan sastra Barat.

Keputusan tersebut mengakhiri pertikaian hukum yang panjang dari salah satu naskah penulis kelahiran Praha itu. Konflik tersebut terjadi ketika penulis ‘The Metamorphosis’ yang menulis dalam bahasa Jerman mempercayakan naskahnya kepada kawannya Max Brod. Serta menyuruhnya untuk membakar karya-karyanya.

Namun, Brod tidak menjalankan wasiat terakhir Kafka. Ia mengambil naskah-naskah tersebut dan melarikan diri ke Palestina saat Nazi berkuasa di tahun 1939 silam.

Brod pun meninggal pada 1968 silam. Ia mewariskan tulisan-tulisan Kafka yang tidak dipublikasikan kepada sekretarisnya Esther Hoffe.

“Ia berkata agar tulisan Franz Kafka disimpan di lembaga yang aman,” begitu catatan pengadilan, seperti dilansir dari Guardian, Kamis (2/7/2015).

Tapi, Hoffe justru berencana melelang karya Kafka ke luar negeri. Ketika ia meninggal dunia pada 2007, koleksi Franz Kafka diteruskan kepada dua anak perempuannya. Namun, mereka mengklaim itu adalah warisan dari ibunya.

Di tahun 2012, pengadilan menolak klaim tersebut dan menolak banding yang diajukan oleh Eva Hoffe, putrinya yang masih hidup.

Akhirnya, Perpustakaan Nasional Israel sudah memiliki koleksi Franz Kafka. Pihak perpustakaan baru saja mempublikasikan naskah langka itu kepada publik.

Sumber: detik.com

Leave a comment

Filed under Pustaka

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s