Meski Buka Sejak Jam 8 dan Miliki 6.788 Judul Buku, Perpustakaan Rokan Hilir Minim Pengunjung, Sehari Cuma 4 Orang

BAGANSIAPIAPI, Meski Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Riau sudah menyediakan fasilitas perpustakaan yang memadai untuk masyarakat, baik dari sisi sarana maupun buku bacaan, namun tingkat kunjungan masih sepi. Bahkan di bulan ramadan, kunjungan hanya dua orang dan paling banyak hanya empat orang.

Untuk memudahkan warga, perpustakaan Rohil di Km6 Bagansiapiapi ini buka sejak jam 08.00 dan tutup hingga jam 16.30 Wib. Tidak hanya itu, jumlah koleksi buku pada perpustakaan juga sudah mencapai 6,788 judul. Kebanyakan berisi buku dasar tentang keagamaan dan sastra.

”Tercatat, sehari cuma dua hingga empat pengunjung. Kita meminta supaya masyarakat lebih sering ke perpustakaan. Selama ramadan kita tetap buka,” kata Kepala Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Rokan Hilir, Hj Tuti Safitri, Sabtu (27/6/2015).

Rendahnya tingkat kunjungan, kata Tuti, juga disebabkan ketidaktahuan masyarakat adanya perpustakaan di KM6 Bagansiapiapi. Untuk itu, pemerintah tahun ini akan membuka gedung arsip dengan menambah jumlah pengadaan buku lagi sebanyak 3.000 judul.

Tuti mengakui jumlah pengunjung pada hari biasa sedikit lebih banyak dari bulan ramadan. Apalagi saat ini bertepatan hari libur sekolah. Sehingga yang datang hanya pengunjung berasal dari pegawai kantor yang berdekatan dengan kantor perpustakaan.

Agar melek ilmu, Tuti meminta agar masayarakat lebih intensif ke perpustakaan. Karena menurutnya, negara disebut maju dan berkembang kalau penduduknya atau masyarakatnya mempunyai minat baca yang tinggi dengan dibuktikan dari jumlah buku yang diterbitkan dan jumlah perpustakaan yang ada di negeri tersebut.

Sumber: goriau.com

Leave a comment

Filed under Pustaka

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: