Pustaka Universitas Riau Miliki 10 Taman Digital

Mahasiswa menikmati internet di 4 Taman Digital yang dibangun di perpustakaan Universitas Riau, kerja sama Perpustakaan Unri dengan Riau Pos belum lama ini.

PANAM – Ketika berkunjung ke Pustaka Universitas Riau, terdapat 10 unit tempat seperti taman yang dinikmati oleh para mahasiswa hingga 22.00 WIB. Ya, Perpustakaan Universitas Riau sejak tahun 2013 lalu telah menyediakan layanan taman digital online pembelajaran bahasa Inggris. Layanan ini tersedia di website www:lib.unri.ac.id pada Menu Utama – English Corner Online. Kepala Perpustakaan Unri Agus Sutikno SP MSi mengatakan  saat ini pihaknya sudah menyediakan 10 unit taman digital. 7 unit milik Unri sudah difungsikan. Sedangkan 4 unit lagi bantuan dari Riau Pos segera difungsikan seiring dengan peresmian Graha Pena Riau Pos. ”Konsep ini sengaja kita buat out door agar mahasiswa lebih nyantai menikmati suasana kampus dengan free wifi yang kita sediakan. Selain itu, jika di ruangan sangat terbatas sekali ya jika dikonsepkan taman digital ini,” katanya beberapa waktu lalu.

Selain itu, layanan online yang dimiliki Pustaka Unri kata Agus, juga bisa diakses oleh mahasiswa. “Karena mahasiswa butuh tempat untuk menelusuri sumber informasi selain di pustaka. mudah-mudahan tahun depan taman digital ini bertambah lagi sebanyak 4 unit lagi,” sebutnya.

Dijelaskan Agus, layanan ini menyediakan situs-situs pembelajaran bahasa Inggris online dan gratis yang terkoneksi langsung. Pada layanan ini, tersedia situs-situs pembelajaran bahasa Inggris barupa Learn English Online, Listening English Online, Speaking English Online, Grammar English Online dan Newspaper, Magazine English Online.

“Layanan ini adalah salah satu tupoksi Perpustakaan Unri yakni mendekatkan aksesibilitas civitas akademika Unri terhadap bahan-bahan perpustakaan terutama bidang pembelajaran bahas Inggris,” kata Agus.

Di kawasan taman digital tersebut disediakan hotspot gratis sebanyak 4 titik. “Sehingga civitas akademika Unri dapat mengakses layanan online di taman-taman digital tersebut,” jelas Agus. Ke depan menurut Agus, Perpustakaan Unri sedang mengembangkan ebook Universitas Riau dan pelayanan mandiri secara online. “Mudah-mudahan pengembangan ini segera terealisasi dan tujuan Perpustakaan Unri segera terwujud,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Riau Yoserizal Zein sangat mengapresiasi taman digital yang dimiliki Pustaka Unri ini. “Taman digital cukup menarik bagi mahasiswa yang ingin bersilahturami di taman ini,” katanya.

Selain silahturami, kata mantan Kepala Biro Humas Pemprov Riau ini, para mahasiswa bisa menikmati layanan Wifi yang ada di kawasan taman digital. “Ke depannya kita juga bisa membatu dalam taman digital ini,” sebutnya.(mg4)

Sumber: riaupos.co

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s