Perpustakaan Keliling Libur, Perpusda Batang Sibuk Stock Opname

BATANG- Selama musim liburan sekolah Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) Batang meliburkan layanan perpustakaan keliling (pusling) ke sekolah-sekolah. Sebagai gantinya, segenap staf Perpusda saat ini disibukan dengan aktivitas stock opname buku.

Sejak Senin lalu, ruang pelayanan utama Perpusda yang terletak di lantai dua memang terlihat berbeda. Meski layanan peminjaman dan pengembalian buku tetap berjalan, namun di belakang meja petugas layanan banyak tumpukan buku di lantai. Beberapa staf perpus pun sibuk mengecek satu persatu koleksi buku.

“Timingnya memang kami mulai sejak awal puasa, karena kebetulan anak-anak sekolah juga libur panjang, sehingga praktis layanan perpustakaan keliling kami liburkan. Sebagai gantinya, kami sibukan dengan kegiatan stock opname,” kata Kepala Perpusda Batang, Putut Husamadiman SE, didampingi Kasie Binpengwas, Sulistianto SH, Kamis (25/6).

Menurut dia, proses stock opname dilakukan untuk mendapatkan data yang akurat ihwal keberadaan koleksi buku yang dimiliki Perpusda. Melalui pengecekan satu persatu, katanya, akan diketahui kondisi buku terbaru, apakah masih bagus, rusak, atau bisa jadi hilang.

“Intinya mencocokan data buku fisik dengan data di komputer server. Kalau ada buku yang rusak tampilan bisa diperbaiki. Atau kalau hilang, akan kita carikan gantinya,” ucap Putut.

Untuk proses penyesuaian itu, petugas juga menggunakan scanner barcode yang ada di komputer layanan. Satu persatu buku yang telah dicek kondisinya lalu discanning, sehingga otomatis jumlah dan rinciannya akan terverifikasi oleh komputer.

Menurut Putut, sebelumnya Perpusda telah melakukan stock opname buku pada akhir 2014. Dari data itu, jumlah koleksi buku yang dimiliki Perpusda mencapai sekitar 50 ribu eksemplar.

“Tahun ini kita lakukan lagi di bulan ini. Kalau data buku ini sudah diperoleh secara akurat, baru kita upayakan pengadaan buku barunya,” pungkasnya.

Sumber: radarpekalonganonline.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s