Perpustakaan Digital SMA NU 1 Gresik untuk Bangkitkan Minat Baca Pelajar

GRESIK – Buku sebagai jendela dunia menjadi perhatian khusus SMA NU 1 Gresik untuk menarik minat baca siswa-siswinya. Perpustakaan yang semula layanannya manual itu kini diubah menjadi serba digital.

RAPI DAN BERSIH – Suasana Kebun Buku Library SMA NU 1 Gresik yang kelihatan rapi dan bersih. Diharapkan siswa –siswi betah di dalam perpustakaan untuk membaca buku, Jumat (26/6/2015).

Perpustakaan yang diberi nama ‘Kebun Buku Library’ itu tertata rapi dan sejuk. Beberapa layar komputer tersedia di sana, Jumat (26/6/2015).

Pemberian nama Kebun Buku Library ini untuk memberikan inspirasi kepada siswa-siswi agar kemar membaca buku sebab perkembangan teknologi berdampak pada banyak siswa yang malas membaca buku.

Selama ini nama perpustakaan sering disesuaikan dengan nama sekolahnya. Misalnya Perpustakaan SMA Gresik, Perpustakaan SD Gresik, dengan nama ‘Kebun Buku Library’ atau Perpustakaan Kebun Buku ini bisa menjadikan inspirasi bagi guru dan siswa yang ada di SMA NU 1 Gresik.

Adanya perpustakaan digital bisa memudahkan siswa untuk mencari buku yang akan dicari sehingga lebih menarik minat baca siswa.

“Siswa cukup menggesekkan kartu untuk meminjam buku. Nanti akan terlihat di komputer data siswa dan buku yang sudah dipinjam dan yang akan dipinjam,” kata Kris Aji AW, guru sekaligus pengelola ‘Kebun Buku Library’ SMA NU 1 Gresik.

Selain memudahkan siswa untuk mencari buku, ruang ‘Kebun Buku Library’ juga ditata dengan rapi dan terlihat sejuk karena dilengkapi dengan pendingan ruang, sehingga anak-anak betah di perpustaan.

Mulai penataan rak bukunya, tempat membaca dan ada juga buku digital.

“Kami memberi tempat yang nyaman, sejuk dan menyenangkan agar siswa betah serta gemar membaca. Sebab sesuai kata mutiara buku sebagai jendela dunia. Jadi dari membaca siswa bisa membuat karya ilmiah, mengetahui sejarah dan menggapai cita-cita,” katanya.

Sementara, Ramlan Manumpak Purba Kasubid Sumber Daya Manusia (SDM) Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur (Jatim) mengatakan, perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap minat baca siswa sehingga inovasi perpustakaan sangat penting bagi lembaga pendidikan.

Dengan inovasi ruangan bisa membuat siswa betah membaca buku. “Banyak bahan bacaan di internet yang bisa menjadi acuan siswa dan masyarakat tapi sumber di internet terkadang tidak ada referensinya sehingga buku yang sudah ada penerbit dan referensinya ini menjadi penting untuk dibaca siswa,” kata Purba, sapaan Ramlan Manumpak Purba saat meninjau perpustaakaan SMA NU 1 Gresik, Jl Raden Santri.

Sumber: tribunnews.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s