9 Manfaat yang Bikin Kamu Baca Buku Setiap Hari

Jakarta Seperti yang sama-sama kita ketahui, membaca masih jadi kegiatan yang kurang dimintai. Kalau ditanya kenapa, jawabannya banyak. Ada yang bilang bosan, pusing, bahkan enggak bisa lihat huruf banyak-banyak. Kalau kamu masuk kategori orang dengan alasan-alasan tersebut, sebaiknya kamu simak manfaat dari membaca yang sudah Bintang.com rangkumin berikut ini.

#1 Stimulasi Mental

Membaca itu bisa buat otak kamu terus aktif. Kalau itu bisa kamu jaga secara konstan maka, kamu sudah meminimalisir dirimu terserang Alzheimer.

#2 Mengurangi Stress

Semua masalah kamu akan hilang dengan alur yang begitu memukau dari sebuah buku. Dalam hal ini, kamu bisa baca novel yang memiliki alur sedemikian rupa yang sukses buat kamu lupakan sejenak probelmatika di kehidupan nyata.

#3 Pengetahuan

Ini pasti. Makin banyak kamu baca, makin banyak pengetahuan yang kamu peroleh. Semakin banyak pengetahuan itu, kamu akan lebih mudah membuat keputusan dengan pertimbangan yang enggak main-main karena otak kamu terlatih untuk berpikir lagi dan lagi.

#4 Memperkaya Diksi

Semakin banyak buku yang kamu baca, kamu akan memperkaya kosakata untuk dirimu sendiri. Kosakata itu nantinya secara sadar atau enggak akan teraplikasi ke cara komunikasi kamu sehari-hari.

#5 Melatih Daya Ingat

Biasanya kalau kamu baca buku tentu saja ada bagian-bagian penting yang sebaiknya kamu ingat. Perintah kamu ke otak untuk mengingat tentu saja akan berjalan sejajar dengan daya ingat yang kamu latih dengan periode yang relatif konstan.

#6 Kemampuan Berpikir Analisis

Saat proses belajar kamu dengan membaca buku berjalan, kamu juga akan terlatih untuk bersikap skeptis. Apalagi kalau kamu baca beberapa buku yang menyajikan isu yang sama dengan sudut pandang berbeda, itu bisa jadi cara tepat untuk melatih cara berpikir yang analitis.

#7 Meningkatkan Fokus

Setiap hari kamu pasti dapatkan berbagai pengalih perhatian. Dengan membaca, kamu terlatih untuk mendalami satu fokus cerita yang secara enggak langsung nantinya teraplikasi dalam fokus kamu sehari-hari.

#8 Kemampuan Menulis Lebih Baik

Biasanya kalau orang sering membaca dan sudah menerima begitu banyak diksi, kemampuannya dalam menuliskan barisan aksara juga akan terasah dengan sendirinya.

#9 Ketenangan

Jenis buku yang kamu baca juga ikut ambil andil dalam poin ini. Kamu baca buku tentang spiritual, tekanan darah kamu akan ada dikadar normal. Baca buku kepribadian akan buat kamu bisa bantu diri sendiri dan orang lain melalui pikiran.

Sudah tahu manfaat baca buku yang sebegitu banyaknya kamu masih malas juga? Jangan! Tidak ada pembenahan diri yang terlambat, kok.

Sumber: bintang.com

Leave a comment

Filed under Minat Baca, Pustaka

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s