Perpustakaan Depok Punya Komputer dan Wi-Fi Senilai Rp 3 M

Depok – Pemerintah Kota Depok mengucurkan Rp 3 miliar untuk melengkapi fasilitas Perpustakaan Kota Depok. Soalnya, saat ini fasilitas umum di perpustakaan umum daerah itu masih minim.

Kepala Perpustakaan Siti Chaerijah mengatakan anggaran tersebut bakal digunakan untuk membeli 35 unit komputer baru serta menyediakan jaringan Wi-Fi. “Ya, untuk melengkapi fasilitas yang ada di perpustakaan,” kata Siti, Minggu, 21 Juni 2015.

Saat ini saja dari standar 50 ribu buku yang harus dimiliki perpustakaan Depok belum terpenuhi. Perpustakaan Depok baru memiliki 19.250 buku. Untuk standar nasional perpustakaan setiap 100 ribu penduduk, harus ada 2500 buku. “Artinya harus ada 50 ribu buku yang harus dimiliki Depok dengan penduduk yang mencapai 2 juta jiwa,” ujarnya.

Pengadaan buku, kata dia, selain dari APBD, juga menerima sumbangan dari masyarakat. Bahkan, pihaknya sedang mencoba menarik dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan untuk menyumbang buku.

Saat ini ada total 11.855 judul buku di Perpustakaan Kota Depok. Selain itu, ada ruang teater yang menayangkan film edukasi. “Jumlahnya memang masih sedikit. Filmnya masih dari internal. Diberikan dari Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga),” ujarnya.

Seperti diketahui, Perpustakaan Depok telah diresmikan sejak 27 April 2015, bertepatan dengan ulang tahun Depok ke-16. Perpustakaan buka sejak pukul 08.00-16.00 WIB.

Sumber: tempo.co

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s