Ngabuburid Ala Perpustakaan Katakerja

Jika lelah berkendara di jalan, mengajak anak bermain di taman, dan pergi ke kafe sembari menunggu waktu berbuka. Adakalanya, anda bisa menengok cara perpustakaan Katakerja.
Perpustakaan yang terletak di jalan Wesabbe ini, memanfaatkan momen dengan menggelar Ngabuburead, menunggu buka puasa dengan membaca buku yang tersedia di perpustakaan.
Aan Mansyur, pustakawan yang juga pemilik Katakerja mengaku, dirinya berusaha menciptkan paradigma baru dalam masyarakat. Bahwa membaca, adalah sebuah kegiatan untuk membunuh kebosanan.
“Membaca bisa memperpendek waktu. Jika kita merasa lelah menunggu, dengan membaca buku, kita bisa membunuh interval waktu yang membosankan tersebut, tanap harus duduk diam, atau tertidur,” jelasnya (22/06/2015).
Selain itu, Katakerja yang juga menjadi maskot perpustakaan pemuda di Makassar, pada bulan ramadan sebelumnya, juga telah memberikan sumbangsih bagi minat baca masyarakat Makassar.
Salah satu programnya terdahulu adalah, Buka Puisi. Acara tersebut, berbeda dengan ngabuburead, dimana Buka Puisi adalah kegiatan membaca puisi di Katakerja, secara bergiliran sambil menunggu waktu berbuka.
Pustakawan Katakerja yang lain, Accang menganggap, di Makassar sendiri memang sudah seharusnya kegiatan-kegiatan menarik dan unik harus ditumbuhkembangkan.
“Jadi semacam Ngabuburead atau Buka Puisi, bisa menjadi acuan bagi orang lain untuk memanfaatkan momen bulan ramadan. Tidak ada ruginya, jika harus seperti itu, yakin semuanya akan berjalan positif,” tandasnya.

Sumber: radarmakassar.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s