Ada Program Peningkatan Kreatifitas di Perpusdes Batununggal

SUKABUMI – Selain menyediakan buku untuk dibaca, Perpusdes Batununggal juga memiliki program peningkatan kreativitas. Program tersebut diberi nama Pojok Kertas, yang bermakna Pojok Kreativitas. Di dalam program tersebut terdapat banyak kegiatan positif. Di antaranya pelatihan perakitan komputer, pelatihan desain grafis dan multimedia serta pembuatan kerajinan tangan.

Saat ini, kerajinan tangan yang dibuat Pojok Kertas sudah mampu dikirim hingga ke daerah Jakarta dan sekitarnya. Kerajinan tangan tersebut berupa pembuatan aksesoris dan tas berbahan sampah plastik.

Sejauh ini, biaya operasional Perpusdes Batununggal diperoleh secara swadaya.

“Kami kumpulkan dana dari para anggota Perpusdes, serta dana dari pemerintah desa,” ujar Penanggung Jawab Teknis dan Layanan Perpusdes Batununggal, Saeful Zaman.

Kendati demikian Perpusdes Batununggal tetap eksis melayani masyarakat. Terbukti dengan dipilihnya Perpusdes Batununggal sebagai Perpusdes percontohan untuk perpustakaan yang akan didirikan di desa lainnya.

Sementara itu salah seorang pengunjung Perpusdes Batununggal, Yasser Kemal (15), mengaku pelayanan yang diberikan pengelola sudah baik, hanya perlu ditambah lagi bukunya.

“Bukunya sudah bagus-bagus, tapi kurang banyak. Tempatnya juga kurang luas, jadi gerah dan sempit kalau banyak orang,” kata Yasser.

Yasser yang baru dua kali berkunjung ke Perpusdes Batununggal itu juga menyayangkan adanya pengunjung yang menyalahgunakan komputer yang disediakan.

“Banyak orang yang pakai komputer buat game online tuh,” keluhnya.

Selain itu, tambah Yasser, ketika petugas perpustakaan tidak ada, kondisi di dalam perpustakaan jadi ramai. Bahkan sempat dia lihat ada yang merokok.

Sumber: pojoksatu.id

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s