Seminar dan Workshop Preservasi : Kesiapan Masyarakat Menghadapi Bencana

Jakarta– Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) melalui Pusat Preservasi Bahan Pustaka menyelenggarakan “Workshop Pemasyarakatan Menghadapi Bencana dan Sosialisasi Pedoman Teknis Preservasi Bahan Pustaka, di Jakarta, (27-28/5). Tema yang diangkat pada kegiatan Sosialisasi dan Workshop kali ini adalah “Wujudkan Pelestarian Budaya Bangsa Melalui Literasi Pencegahan Bencana dan Simulasi Preservasi Bahan Pustaka.”

Seminar ini sangatlah penting mengingat kondisi geologis Indonesia yang berada di lokasi rawan bencana memerlukan persiapan dan perhatian khusus, tidak hanya pada penyelamatan manuskrip di dalamnya tetapi juga warisan-warisan intelektual berupa bahan pustaka dan naskah-naskah demi terjaminnya warisan budaya hingga ribuan tahun yang akan datang.

Kepala Pusat Preservasi Bahan Pustaka Sri Sumekar mengatakan pentingnya bagi para pustakawan untuk memahami langkah-langkah yang harus dilakukan oleh pustakawan dalam menghadapi bencana yang terjadi pada perpustakaan dan bahan pustaka yang ada di dalamnya.

Penanggulangan bencana di perpustakaan merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bersifat preventif, penyelamatan, dan rehabilitatif yang harus diselenggarakan secara koordinatif, komprehensif, serentak, cepat, tepat, dan akurat melibatkan lintas sektor dan lintas wilayah sehingga memerlukan koordinasi berbagai instansi terkait dengan penekanan pada kepedulian publik dan mobilisasi masyarakat,” ucap Sri Sumekar.

Sri Sumekar juga menambahkan pentingnya koordinasi dan sinergitas dalam menghadapi situasi luar biasa seperti bencana alam. “ Peran Perpustakaan Nasional sangat diperlukan dalam penyusunan kebijakan sistem, pengaturan, organisasi, rencana dan program yang berkaitan dengan pelestarian BP dan naskah kuno di nusantara ini, melalui keterlibatan semua sektor, termasuk sektor non-pemerintah, sektor swasta, serta, melibatkan semua lapisan masyarakat,” ujarnya.

Seminar dan workshop dibagi dalam beberapa diskusi panel yang menghadirkan pembicara-pembicara ahli di bidangnya, antara lain Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI Haryadi Permana, Direktur Pemberdayaan Masyarakat BNBP Anny Isgiati, dan dosen Pascasarjana Fikom Unpad Bandung Ninis Agustini Damayani.

Peserta yang hadir merupakan para pustakawan dari perpustakaan daerah, perpustakaan kementerian/lembaga, perpustakaan khusus , perpustakaan perguruan tinggi dan pustakawan dari Perpusnas.

Sumber: pnri.go.id

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s