Karang Taruna Diminta Ajak Anak Muda Gemar Membaca

GUNUNGKIDUL- Karang Taruna diminta keterlibatannya untuk membantu Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kabupaten Gunungkidul dalam meningkatkan minat baca di kalangan anak muda dan kemauan menjadi pengelola Perpustakaan Desa (Perpusdes).

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala KPAD Kabupaten Gunungkidul, Ali Ridlo di sela kegiatan Bedah Buku Forum Penulis Negeri Batu, Selasa (16/6/2015). Pihaknya berencana menganggarkan sejumlah dana untuk membuat sebuah buku yang berisi budaya, tradisi hingga objek wisata yang menggambarkan Kabupaten Gunungkidul.

Nantinya buku itu diharapkan bisa menjadi bahan bacaan bagi anak muda untuk lebih mengenal Kabupaten Gunungkidul.

Meski demikian, pihaknya mengaku rencana tersebut memerlukan upaya peningkatan minat baca. Salah satu langkah yang tengah dijalankan ialah menyusun kepengurusan Perpusdes dari kalangan anak muda, bukan hanya perangkat desa atau pamong desa yang kebanyakan sudah berusia tua.

Pada 2016, pihaknya berencana untuk melakukan sosialisasi ke 18 kecamatan di Gunungkidul, terkait keharusan adanya alokasi anggaran Dana Desa diperuntukkan bagi pengelolaan Perpusdes. Bahkan dirinya mengaku sudah melakukan audiensi dengan Bupati, supaya mengeluarkan surat edaran atau peraturan bupati yang berisikan kewajiban penganggaran Dana Desa untuk Perpusdes.

“Dana itu bisa digunakan untuk menambah fasilitas Perpusdes, misalnya komputer, internet. Untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat sekitar,” papar Ali.

Sumber: harianjogja.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s