Referensi Peristiwa Bersejarah di Riau: Bundel 25 Tahun Perjalanan Riau Pos Tambah Koleksi BPAD

PEKANBARU – Harian Pagi Riau Pos berupaya ikut melestarikan budaya dan sejarah melalui arsip. Salah satunya dengan menyerahkan bundel perjalanan Riau Pos yang akan memasuki tahun ke-25 kepada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Riau.

CEO Riau Pos Group (RPG) H Makmur Kasim SE MM Ak menyerahkan secara simbolis bundel tersebut kepada Kepala BPAD Provinsi Riau Yoserizal Zen di halaman Perpustakaan Wilayah Soeman Hs, Pekanbaru, Senin (15/6). Bertepatan dengan pembukaan lomba puisi peringatan hari anak internasional dan hari anak Indonesia, tingkat SD dan SMP se-Provinsi Riau.

Yoserizal Zen mengatakan, Riau Pos sebagai media harian pertama di Provinsi Riau sudah tidak perlu diverifikasi lagi. Karena dia juga termasuk dalam orang-orang yang berada dan terus mengikuti perjalanan Riau Pos sejak awal didirikan dahulu.

“Bundel ini juga merupakan prakarsa dari Chairman RPG Rida K Liamsi. Untuk itu kami juga mengucapkan terima kasih kepada RPG yang telah menambah koleksi di BPAD Riau. Nantinya bundel tersebut akan diletakkan di dekat ruangan bilik Melayu yang berada di lantai dasar. Karena banyak juga karya-karya dari budayawan Riau yang dimuat di Riau Pos,” ujar Yoserizal.

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini di Perpusatakaan Soeman Hs juga ada bilik Melayu yang awalnya berada di lantai atas. Tujuannya jika masyarakat baru memasuki perpustakaan, akan langsung dihadapkan dengan kebudayaan Melayu. Di bilik Melayu tersebut, masyarakat juga dapat melihat langsung foto tokoh-tokoh budayawan Riau yang telah meninggal.

“Bilik Melayu tersebut diberi nama bilik Melayu Tenas Effendy. Terkait kegiatan lomba baca puisi yang diadakan ini, kami sangat mendukung. Karena melalui kegiatan kesusastraan ini dapat menjadi penghalus akal budi dan juga pemersatu bangsa. Sastra juga adalah rajawali kesenian,” tuturnya.

Sementara Makmur Kasim mengatakan, tidak terasa Riau Pos akan memasuki tahun yang ke-25 pada 17 Januari 2016. Sebagai ungkapan terima kasih kepada masyarakat Riau, pihaknya menyerahkan bundelan sejarah perjalan Riau Pos. Di mana dalam bundelan tersebut banyak terdapat berita-berita yang bisa saja dijadikan referensi sejarah tentang peristiwa-peristiwa yang ada di Riau dan sekitarnya.

“Selama ini banyak masyarakat yang mencari bundelan-bundelan koran Riau Pos ke kantor. Setelah kami serahkan bundelan tersebut, kami harapkan masyarakat dapat berkunjung ke Perpustakaan Wilayah yang telah dibangun megah oleh pemerintah. Mudahan-mudahan dengan bundelan koran tersebut dapat membantu masyarakat dalam hal penelitian dan pencarian bukti sejarah lainnya,” tutup Makmur.

Sumber: riaupos.co

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s