Kacian! SD di Ciamis Ini Gunakan Ruang Kantor untuk Perpustakaan dan UKS

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, saat ini memerlukan penambahan fasilitas penunjang pendidikan, berupa gedung perpustakaan dan ruang unit Kesehatan Sekolah (UKS). Sarana dan prasarana tersebut diproyeksikan untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah.

Kepala SDN 1 Situmandala, Maman, S.Pd, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, mengatakan, selama ini dua fasilitas tersebut yang sangat dibutuhkan pihak sekolah. Terpaksa, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pihak sekolah berinisiatif menggunakan ruang kantor sebagai perpustakaan dan UKS.

“Akibatnya, proses kegiatan belajar siswa kurang maksimal, serta aktifitas guru menjadi terganggu,” katanya.

Maman mengatakan, buku-buku bacaan dan mata pelajaran sekolah saat ini masih ditempatkan di pojok ruangan guru dan rak-rak kelas. Akibatnya, aktifitas yang kebetulan berbarengan di ruangan tersebut, sering menggangu satu sama lain.

Lebih lanjut, Maman mengungkapkan, jika semua fasilitas atau sarana sekolah sudah dilengkapi, buku-buku tidak akan lagi disimpan di kantor atau ruang guru. Bila sudah punya Perpus, buku-buku tersebut bisa tersusun rapi dalam tempatnya (rak buku), sehingga tidak mengganggu aktifitas belajar siswa.

Pada kesempatan itu, Maman mengaku belum memiliki anggaran untuk membuat sarana tersebut. Meski begitu, pihaknya sudah menyiapkan lahan yang akan dialokasikan untuk pembangunan ruangan perpustakaan dan UKS tersebut.

Sumber: harapanrakyat.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s