Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, saat ini memerlukan penambahan fasilitas penunjang pendidikan, berupa gedung perpustakaan dan ruang unit Kesehatan Sekolah (UKS). Sarana dan prasarana tersebut diproyeksikan untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah.

Kepala SDN 1 Situmandala, Maman, S.Pd, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, mengatakan, selama ini dua fasilitas tersebut yang sangat dibutuhkan pihak sekolah. Terpaksa, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pihak sekolah berinisiatif menggunakan ruang kantor sebagai perpustakaan dan UKS.

“Akibatnya, proses kegiatan belajar siswa kurang maksimal, serta aktifitas guru menjadi terganggu,” katanya.

Maman mengatakan, buku-buku bacaan dan mata pelajaran sekolah saat ini masih ditempatkan di pojok ruangan guru dan rak-rak kelas. Akibatnya, aktifitas yang kebetulan berbarengan di ruangan tersebut, sering menggangu satu sama lain.

Lebih lanjut, Maman mengungkapkan, jika semua fasilitas atau sarana sekolah sudah dilengkapi, buku-buku tidak akan lagi disimpan di kantor atau ruang guru. Bila sudah punya Perpus, buku-buku tersebut bisa tersusun rapi dalam tempatnya (rak buku), sehingga tidak mengganggu aktifitas belajar siswa.

Pada kesempatan itu, Maman mengaku belum memiliki anggaran untuk membuat sarana tersebut. Meski begitu, pihaknya sudah menyiapkan lahan yang akan dialokasikan untuk pembangunan ruangan perpustakaan dan UKS tersebut.

Sumber: harapanrakyat.com

Silahkan Memberikan pesan / komentar