40 Persen Anak Pemulung Tidak Sekolah Nikmati Bantuan Buku Bacaan

Denpasar –  Datsun Risers Expedition etape V Denpasar-Mataram Lombok melakukan kegiatan sosial CSR Datsun Rising Hope ke Rumah Pelangi Bali, di Denpasar.

Di sana terdapat 40 anak yang belajar di Rumah Pelangi, Bali, di pemukiman ‘pemulung’ kawasan Kelan, Tuban, Denpasar, Bali. Ada 40 persen dari sekian anak pemulung dan pekerja kasar kuli bangunan tidak menikmati sekolah.

Namun, para pengasuh dan pengajar Rumah Pelangi Bali, tetap berusaha membimbing anak-anak dari pemulung dan pekerja kasar kuli bangunan untuk belajar membaca dan berhitung.

“Rata-rata mereka anak pemulung dan pekerja bangunan. Ada sekitar 40 persen anak yang tidak sekolah,” kata pengasuh Rumah Pelangi Bali Rio Marutti saat menerima kunjungan rombongan Datsun Risers Expedition etape V Denpasar-Mataram, dalam rangka kegiatan sosial penyerahan bantuan CSR berupa buku, Sabtu (13/6/2015).

Rio mengatakan, bahwa tak jauh dari pemukiman ‘pemulung’ terdapat sekolah dasar gratis. Namun, mindset orang tuanya yang tidak ingin anak-anaknya belajar di pendidikan formal SD.

Dengan kerja keras, telaten dan membutuhkan kesabaran, para pengasuh dan pengajar di Rumah Pelangi Bali ini membimbing anak-anak untuk mau belajar membaca dan berhitung.

“Minat baca anak-anak cukup bagus. Dengan adanya bantuan buku dari Datsun ini, mungkin bisa dimanfaatkan anak-anak untuk membaca,” tuturnya.

Yusi dari perpustakaan keliling di Bali mengatakan, setiap provinsi di Indonesia memiliki tipikal berbeda-beda. Untuk di Bali, sulit mencari perpustakaan anak seperti Rumah Pelangi Bali di Kelan, Tuban, Denpasar.

Katanya, banyak perpustakaan besar berterbaran di Bali. Namun, mereka fundingnya dari bule (warga asing) dan tidak memiliki jaringan ke daerah-daerah.

“Saya tidak punya perpustakaan tetap, tetapi keliling ke banjar-banjar. Jadi dengan adanya bantuan buku dari Datsun, kami mengucapkan terima kasih,” tutur Yusi.

Sementara itu, perwakilan dari Datsun Nissan Motor Indonesia, Jagad menyampaikan bahwa, Datsun Risers Expedition ingin melakukan ekpedisi inspiratif.

“Mungkin risers tahu bahwa Bali daerah wisata dan lokasi hura-hura, tempat bersenang-senang. Tapi di sini kami tidak ingin melakukan itu saja,” katanya saat memberikan sambutan di acara penyerahan buku.

“Ada saudara kita sebagian kecil sangat membutuhkan. Kita terketuk hati dan ingin minat baca anak-anak tinggi untuk menjadi pintar,” terangnya.

Ia mengajak para risers untuk membuka wawasan dan mengetahui kehidupan di luar sana, yang membutuhkan kita.

“Semoga bantuan buku ini bisa membantu Rumah Pelangi dan mendukung kebutuhan minat baca anak-anak,” tandasnya.

Dalam acara CSR tersebut, risers DRE etape V ini juga berinteraksi langsung dan berbagi kecerian dengan anak-anak Rumah Pelangi Bali. Selain mengajak bermain, risers juga memberikan kuis dan memberikan hadiah buku serta uang. Anak-anak pun sangat responsif dan saling berebut menjawab pertanyaan dari risers.

Sumber: detik.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s