Ini Manfaat Membacakan Buku Cerita yang Belum Mama Tahu

Manfaat membacakan buku cerita sudah sering dibahas. Tapi dari sekian banyak manfaat, ada beberapa mungkin belum Mama tahu. Berikut penjelasannya. Membacakan buku untuk anak bisa mendorong banyak hal, dari keterampilan bahasa sampai rentang perhatian yang lebih panjang hingga daya imajinasi yang aktif. Dan tidak pernah ada kata terlalu awal untuk memulai.

                Menurut para peneliti di University of Chicago, membacakan buku kepada bayi menciptakan koneksi sel otak yang berharga yang akan terus bertahan di sepanjang hidupnya.

                Penelitian juga menunjukkan bahwa anak-anak yang saat masih balita sering dibacakan buku di rumah akan mampu belajar cara membaca dengan jauh lebih baik ketika mereka mendapatkan pelajaran membaca di sekolah. Membaca akan memaparkan anak kepada kertas yang dicetak, huruf, dan juga kosakata baru. Membaca juga akan mengajari anak bahwa gagasan dan kisah-kisah dapat muncul dari kumpulan kertas berisi tulisan—dengan kata lain, buku adalah sumber informasi.

                Untuk membantu anak Mama gemar membaca, lakukanlah sejumlah kiat berikut ini:

  • Isi lemari bukunya dengan buku-buku bermutu. Mama bisa mulai dengan buku-buku yang mendapatkan penghargaan, misalnya penghargaan adikarya IKAPI. Petugas perpustakaan juga bisa menjadi sumber yang baik untuk dimintai saran.

  • Biarkan si kecil melihat betapa Mama sangat menikmati membaca. Hal itu akan menguatkan gagasan bahwa membaca itu menyenangkan.

  • Buatlah waktu khusus untuk mengunjungi perpustakaan, taman bacaan, atau toko buku bersama, dan tunjukkan kepadanya isi dunia yang beragam yang bisa ia ketahui hanya dengan membuka buku.

  • Ciptakan sudut baca yang nyaman di kamarnya atau di titik-titik lain dalam rumah, di mana dia bisa menikmati waktu yang tenang bersama buku.

  • Ajak ia berdiskusi soal cerita yang Mama baca bersamanya, lalu beri pertanyaan soal apa yang sudah ia pelajari.

  • Bacakan buku untuknya setiap hari.

Demikian tujuh rahasia meningkatkan kecerdasan anak balita yang bisa Mama terapkan di rumah. Selamat mencoba!

Sumber : tabloid-nakita.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s