Gerobak Baca TK Wiji, Sarana Mengenal Huruf

PEKALONGAN – Ada beberapa manfaat yang didapat siswa melalui kegiatan Gerobak Baca di TK Wiji. Selain menumbuhkan minat baca kepada para siswa sejak usia dini, kegiatan gerobak baca, nyatanya juga bermanfaat untuk melatih siswa khususnya dalam mengenal huruf.

“Alhamdulilah anak-anak yang mau melanjutkan ke SD itu, keluar dari sini sudah pada pintar membaca,” ujar Kepala TK Wiji, Sri Widiati kepada Radar.

Dalam kegiatan tersebut, para siswa akan dibimbing oleh para guru, terutama bagi siswa yang belum mampu membaca.

“Jadi dipandu sama guru anak-anak membacanya. Sehingga anak-anak diarahkan yang belum bisa misalnya kelompok A, karena belum bisa jadi diceritakan sama guru. Mereka akhirnya minat,” paparnya. Kegiatan gerobak baca tersebut rutin dilaksanakan setiap hari Jumat.

Setiap Jumat pagi setelah senam atau jalan kaki, ketika mereka beristirahat, para guru akan membimbing mereka membaca buku yang tersedia di gerobak baca. Selaku kepala sekolah, Sri berharap dapat menumbuhkan minat baca diantara para siswanya melalui kegiatan tersebut.

“Karena kemarin pidato Pak Anies Baswedan selaku menteri pendidikan pada saat hari pendidikan, minat baca warga kita nomer 2 dari bawah. Kalau penelitian dari UNESCO itu 0,001, sehingga dari 100 orang baru hanya 1 orang yang membaca,” pungkasnya.

Sumber: radarpekalonganonline.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s