BPAD Tingkatkan Minat Sastra Anak

PEKANBARU – Memperingati Hari Anak Dunia 1 Juni dan Hari Anak Nasional 23 Juli mendatang, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Riau terus mendorong peningkatan minat baca terhadap sastra para pelajar di Riau. Dengan menggelar lomba baca puisi anak 2015.

Kegiatan akan dilaksanakan 15 Juni mendatang, bertempat di areal Perpustakaan Wilayah Soeman Hs, Jalan Cut Nyak Dien, Pekanbaru. Ketua Dharma Wanita Perwakilan BPAD Riau Baiduri Zam SH MSi, kepada Riau Pos mengatakan, pihaknya sudah membuka pendaftaran.

‘’Karena untuk memperingati hari anak, jadi pesertanya dari usia 9-15 tahun, bagi murid SD dan SMP di Provinsi Riau. Pendaftaran lomba baca puisi sudah dibuka dan bisa langsung datang ke Puswil Soeman Hs mulai hari ini (kemarin),’’ ungkapnya. Dilanjutkan Baiduri, kegiatan tersebut sengaja dilaksanakan Dharma Wanita Perwakilan BPAD Riau untuk meningkatkan minat baca, dan cinta sastra bagi pelajar sekolah. Karena dinilainya bahasa dan sastra merupakan primadona di Riau untuk terus dikembangkan.

‘’Dalam menyongsong visi Riau 2020, bahasa dan sastra harus berperan besar. Di mana sastra sudah melampaui visi tersebut,’’ katanya.

Pada lomba baca puisi nanti lanjutnya, para peserta akan membacakan puisi wajib. Bertemakan ibu serta puisi pilihan yang akan diperlombakan oleh para peserta nantinya.

Selain melaksanakan lomba baca puisi anak, pada peringatan Hari Anak 2015 nanti, BPAD Riau juga direncanakan menerima bundel koran harian terbesar di Riau yang sudah berusia 24 tahun. Menurut Kepala BPAD Riau Yoserizal Zen, bundel koran Riau Pos sejak 24 tahun silam akan diterima dari pihak perusahaan. ‘’Sehingga akan menjadi sudut khusus di Perpustakaan Soeman Hs Pekanbaru. Di siapkan corner khusus,’’ kata Yose.

Dilakukan lanjutnya, karena menimbang sejarah Riau, di mana sebagai koran harian, berbagai cerita panjang sejarah Provinsi Riau akan tersaji dari pandangan media massa. Karena ia meyakini bangsa yang besar, adalah yang menghargai sejarah yang terkandung dari berbagai aspek lisan, tulisan dan arsip lainnya.

‘’Jadi kita akan menjadikan bahan deposit dari arsip koran Riau Pos yang akan diserahkan di sela kegiatan lomba baca puisi anak tersebut,’’ sambungnya.

Sumber: riaupos.co

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s