GEDUNG PERPUSTAKAAN SOEMAN HS: Lantai Empat Jadi Gudang Komputer Rusak

PEKANBARU – Pemerintah Propinsi Riau  tidak main-main untuk membangun dan merenovasi gedung Perpustakaan Soeman HS yang menghabiskan biaya mencapai lebih seratus miliar rupiah. Ruangan bacanya sangat nyaman dilengkapi dengan AC. Selain itu, terdapat fasilitas hotspot Wi-Fi yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung.

Koleksi buku di Perpustakaan Soeman HS  juga luar biasa jumlahnya,  total buku di Perpustakaan Soeman Hs mencapai  ribu judul buku dengan jumlah eksemplar mencapai ratusan ribu eksemplar. Tentu jumlah buku ini selalu bertambah karena  setiap tahun ada buku-buku baru yang disediakan di Perpustakaan Soeman HS.

Bangunan Perpustakaan Soeman HS terdiri dari enam lantai. Di lantai satu terdapat tempat registrasi  anggota pustaka, tempat sirkulasi peminjaman dan pengembalian buku, dan rak-rak buku yang berisikan berbagai jenis koleksi buku terdiri dari agama, IT, sains,motivasi, bahasa asing, buku-buku pelajaran SMP dan SMA dan lain sebagainya

Lantai 2, disuguhi dengan sejumlah rak-rak yang penuh dengan berbagai jenis koleksi buku. Koleksi buku ini lebih diperuntukkan mahasiswa karena terdapat buku-buku referensi kuliah bertema kedokteran, kebidanan, manajemen, teknik, pertanian dan lain sebagainya.

Lantai 3 ini khusus koleksi buku yang tidak boleh dipinjam, seperti ensiklopedia, kamus, atlas dunia, komik Marvel dan DC Comics, jurnal-jurnal penelitian dan berbagai jenis majalah seperti Gatra, Hai, Trubus. Di lantai 3 juga terdapat sebuah spot khusus bernama Bilik Melayu.

Di lantai 4 terdapat Chevron Energy Corner berisikan tentang informasi berkaitan dengan perusahaan Chevron. Ini merupakan sumbangan dari Chevron. Sedangkan di lantai 5 khusus untuk ruang kantor dan kepegawaian.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Propinsi Riau, Yoserizal Zen amat menyayangkan lantai 4 yang berisikan tentang informasi berkaitan dengan perusahaan Chevron, yang saat tidak bisa dimamfaatkan. Terdapat gudang untuk komputer rusak. “Mestinya harus dimanfaatkan, atau dihibahkan kepada pemerintah.  Kita minta agar Cevron bisa memperbaiki ruangan ini, kan sayang tidak dimanfaatkan,” ujar Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Propinsi Riau, Yoserizal Zen, kepada Riaupos.co, Ahad (7/6).

Sumber: riaupos.co

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s