Anggaran Tinggi, Pembangunan Perpustakaan Ditolak

Rencana Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk membangun perpustakaan hingga kini belum mendapat lampu hijau dari DPRD Kota Batam. Pasalnya, pengajuan anggaran untuk membangun perpustakaan dinilai terlampau tinggi.

 

“Penolakan hampir dari seluruh fraksi. Penolakan didasari anggaran yang besar Rp 120 miliar lebih,” kata Anggota Komisi III DPRD Batam, Jeffry Simanjuntak.

Menurut Jeffry, rencana itu telah empat kali masuk ke DPRD Batam dan berturut turut mendapat penolakan keras dari DPRD Batam. Selain itu, politisi PKB itu menilai pembangunan perpustakaan dianggap belum jadi kebutuhan yang mendesak. Terlebih, kata dia, tidak ada niat dari Pemko untuk menggalang minat pembaca ataupun gerakan wajib membaca.

“Pemko harusnya lebih agresif untuk menggalang minat baca masyarakat apalagi masyarakat saat ini juga tidak butuh buku lagi mengingat lebih banyak yang sudah mencari bahan bacaan dengan sistem online,” katanya.

Sebelumnya, Pemko Batam menyatakan akan menggandeng instansi penegak hukum untuk menyiapkan rencana pembangunan perpusataakan ini. Wakil Wali Kota Batam, Rudi mengatakan setelah dicoret dari anggaran tahun ini, pembangunan gedung perpustakaan akan diajukan kembali pada APBD 2016.

“Akan coba kita komunikasikan,” kata Rudi.

Menurutnya, keberadaan gedung perpustakaan yang akan dibangun di samping gedung bersama Pemko Batam ini sangat penting. Karena nantinya, tidak hanya berfungsi sebagai perpustakaan, gedung dengan sembilan lantai ini juga akan memiliki ruang pertemuan.

“Beberapa kantor dinas dan badan di lingkungan Pemko Batam juga akan berkantor di sana,” ujarnya.

Tapi Rudi menegaskan, proyek akan dilanjutkan di 2016 hanya jika pembangunan gedung ini dinilai amat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Kami akan evaluasi terlebih dulu dan meminta pimpinan SKPD untuk menjelaskan,” katanya.(rna)

Sumber: batampos.co.id

Advertisements

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s