Gerobak Baca TK Wiji, Tumbuhkan Minat Anak

PEKALONGAN – Demi menumbuhkan minat baca serta mengenalkan buku sejak usia dini, Tk Wiji mempunyai kegiatan khusus yakni Gerobak Baca.

Kepala TK Wiji, Sri Widiati mengungkapkan, kegiatan yang telah berjalan sejak tahun 2004 silam tersebut ditanggapi antusias oleh siswanya. Kegiatan Gerobak Baca rutin dilaksanakan setiap hari Jumat. Sri menuturkan, buku-buku tersebut berasal dari Taman Baca Masyarakat Trimurti yang terletak di kawasan Binagriya.

Karena tingginya antusiasme siswa, lanjutnya, pihaknya mulai melakukan inovasi dengan memakai truk baca anak-anak. “Karena pakai gerobak biayanya terlalu besar, saya pakai truk. Anak-anak kita ajak, kita kelilingkan. Itu memang inovasi baru,” katanya.

Ia berencana akan membawa truk baca tersebut setiap kali pertemuan PKK. Biasanya dalam pertemuan tersebut, banyak orangtua yang membawa anak-anaknya. “Biar anak-anaknya tidak mengganggu orangtuanya, biar dia membaca buku disini,” imbuhnya.

Disamping mengenalkan buku serta menumbuhkan minat baca kepada para siswanya, ia juga menerapkan kejujuran melalui gerobak baca tersebut. “Kita menerapkan kejujuran. Mereka membaca buku, mengembalikan sendiri tidak dibawa pulang. Hanya bisa dibaca di tempat,” katanya.

Lebih jauh, Sri juga mengungkapkan Truk baca tersebut juga melayani masyarakat di tingkat RT/RW. Sementara itu, Gerobak Baca sudah berkeliling antar kelurahan.

Sumber: radarpekalonganonline.com

Kuis Xiaomi Mi4i –Menangkan Hadiahnya!

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s