Kotak Pertanyaan Ini Bakal Sulitkan Google Beri Jawaban Tepat

New York – Beberapa orang di New York Public LibraryPerpustakaan Umum New York, belum lama ini menemukan sebuah kotak berisi berbagai pertanyaan referensi yang diajukan sekitar dekade 1940-an sampai 1980-an.

Pustakawan menemukan kotak berisi berbagai pertanyaan referensi yang diajukan sekitar dekade 1940-an sampai 1980-an. (Foto: gothamist.com)

Pertanyaan-pertanyaan yang signifikan bukanlah pertanyaan mengenai sains tata surya yang membutuhkan jawaban dari rujukan beberapa buku. Ataupun pertanyaan spiritual mengenai alasan eksistensi manusia yang membutuhkan kata dari filosifis. Namun pertanyaan seperti: “Ada statistik mengenai masa hidup seorang wanita yang diabaikan?”

Dikumpulkan dalam akun instagram @nypl, perpustakaan menulis: “Kami adalah Google sebelum Google ada.” Atau mengutip penulis Neil Gaiman: “Google membawa 100.000 jawaban, seorang pustakawan bisa membawa Anda satu jawaban tepat.”

Coba lihat pertanyaan-pertanyaan seperti apa lagi yang diajukan, seperti yang dikutip dari gothamist.com, Minggu (31/5/2015):

–          Apa saya bisa memelihara gurita di rumah pribadi?

–          Laba-laba black widow lebih berbahaya saat hidup, atau saat mati?

–          Apakah Plato, Aristoteles, dan Socrates orang yang sama?

–          Berapa lama bulu mata akan rontok?

–          Apa kitab Injil punya hak cipta?

–          Apa arti mimpi dikejar gajah?

–          Bisa saya cari tahu ketebalan perangko US Postage dengan lem? Jawaban: Kami tidak bisa menjawab ini dengan cepat. Mungkin coba Layanan Pos. Respons: Ini dari Layanan Pos.

–          Bagaimana cara memasang wallpaper?

“Apa senjata yang digunakan Oswald untuk menembak Presiden Kennedy sudah dikembalikan ke keluarga?”

Pertanyaan-pertanyaan tersebut diajukan via telepon, atau secara langsung. Dan mereka mendapat laporan: “Sistem di masa lalu sama seperti sekarang, dan kami mencoba menjawab langsung.”

Walau mereka tidak 100 persen yakin bagaimana beberapa pertanyaan bisa berakhir di kotak ini, pertanyaan-pertanyaan ini sepertinya pertanyaan yang tidak ada jawabannya di masa itu. Contohnya, setidaknya ada satu pertanyaan yang diletakkan di kotak pada dekade 40-an, dan dijawab pada era 70-an.

Orang-orang masih menggunakan versi terbaru dari ini, disebut Ask NYPL, dan perpustakaan melaporkan menerima sekitar 1.700 pertanyaan referensi per bulan via chat, e-mail, dan telepon. (Ikr/Ans)

Sumber : liputan6.com

Kuis Xiaomi Mi4i –Menangkan Hadiahnya!

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s