Masyarakat Indonesia Lebih Suka Nonton TV

SOREANG, Dari hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan masyarakat Indonesia lebih suka menonton TV sebesar 90,27 persen, sedangkan hanya 18,94 persen yang suka membaca. Kondisi ini membuat Indonesia berada di peringkat terbawah dari 17 negara yang skornya di bawah standard OECD.

Hal itu dikatakan Anggota Komisi X DPR, Dadang Rusdiana, dalam kampanye gemar membaca di Gedung M. Toha Soreang, Sabtu (30/5/2015). “Indonesia merupakan negara yang sudah melek huruf tinggi karena hanya sedikit warganya yang masih buta huruf. Namun ironisnya minat baca warga juga rendah,” katanya.

Menurut Dadang, penyebab rendahnya budaya baca disebabkan ketersediaan buku masih terbatas dan harganya juga mahal. “Belum dengan distribusi buku yang belum merasa ke semua daerah apalagi ke pelosok negeri,” katanya.

Demikian pula dengan apresiasi masyarakat terhadap perpustakaan yang masih rendah. “Untuk menarik warga perpustakaan harus disesuaikan dengan kultur masyarakat penggunanya. Perpustakaan juga harus menyediakan teknoligi informasi sesuai dengan perkembangan masyarakat,” ucapnya.

Sedangkan Kabag Hukum Perpustakaan Nasional, Ofy Sofiana mengatakan, perpustakaan atau taman bacaan bisa membentuk komunitas minat misalnya kelompok remaja cinta sepakbola, kelompok ibu sehat vegetarian, kelompok punk kreatif dan lain-lain yang diarahkan untuk menggemari baca dan mempraktekkannya. “Seperti perpustakaan di Kudus, Jawa Tengah, yang membentuk kelompok punk dan memiliki budidaya ikan,” katanya.

Sumber: pikiran-rakyat.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s