Dicanangkan “Gerakan Gemar Membaca dan Infak 1.000 Judul Buku”

BREBES – Bupati Brebes Idza Priyanti bersama artis senior Yessi Gusman mencanangkan Gerakan Gemar Membaca dan Infaq 1.000 Judul Buku, kemarin. Kegiatan yang diselenggarakan MTs Negeri Model Brebes itu ditandai dengan penandatangan prastasi dan penyerahan infak buku dari masyarakat, termasuk dari Bupati Brebes, Yessi Gusman, dan anggota Komisi Yudisial Taufiqurrahman Sahuri.

Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, buku adalah gerbang jendela dunia dan kunci pembukaanya adalah membaca. Siapa pun yang sukses harus rajin membaca buku sesuai dengan disiplin ilmu yang digelutinya. Tanpa membaca, tidak akan mampu melihat perkembangan dan geliat peradaban dunia baik masa lalu, masa kini, ataupun masa yang akan datang. ”Untuk itu, kegemaran membaca harus dilatih sejak dini dengan berbagai langkah strategis dan dukungan orang tua,” ujarnya.

Perpustakaan Hal serupa juga dikatakan Yessi Gusman. Menurut pemeran film Gita Cinta dari SMA itu, kegemaran membaca saat ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan, meskipun belum merata. Sebab, saat ini masih banyak perpustakaan, terutama perpustakaan sekolah yang belum maju.

Karena itu, diperlukan peran pemerintah dan masyarakat dalam pengembangan budaya minat baca. Termasuk kehadiran taman bacaan masyarakat harus lebih digiatkan agar budaya minat baca makin merata. ”Kami lihat di Brebes sudah bagus minat bacanya, terbukti dengan lahirnya penulis-penulis berbakat dan prestasi siswa yang tinggi sebagai wujud aktifnya membaca,” katanya.

Kepala MTs Negeri Model Brebes Muh Muntoyo menjelaskan, gerakan Gemar Membaca dan Infak 1.000 Judul Buku dimaksudkan untuk meningkatkan minat baca siswa. Acara peluncuran itu sekaligus upacara pelepasan siswa Kelas IX MTs N Model Brebes, akhirusanah santri Boarding School MTs N Model Brebes, peringatan Isra Mikroj dan Hari Kebangkitan Nasional 2015. ”Ini sebagai upaya kami untuk ikut berperan aktif dalam meningkatkan minat baca masyarakat,” ujarnya.

Sumber: suaramerdeka.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s