Tumbuhkan Minat Baca Masyarakat, Perpustakaan Cikini Siapkan Ruang Musik

Jakarta – Pemprov DKI Jakarta membangun perpustakaan baru di Cikini, Jakpus, dengan konsep yang lebih modern dan persuasif. Selain sudah dilengkapi dengan layanan permainan anak, perpustakaan ini nantinya akan dilengkapi dengan berbagai fasiltas lainnya.

“Layanan anak ini untuk mendorong anak-anak yang Paud untuk tertarik minat membaca. Ini belum lengkap, kami sedang mengelola berbagai fasilitas dan koleksi buku-buku lagi,” ujar Kabid Perpustakaan Provinsi DKI Jakarta Yeni Yunaini kepada detikcom di kantornya yang berada di dalam perpustakaan di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakpus, Kamis (28/5/2015).

Saat ini Perpustakaan Cikini sudah dibuka untuk umum meski peresmiannya baru akan dilakukan Juni nanti. Layanan anak di perpustakaan ini sudah menjadi idola bagi pengunjung karena tempatnya yang nyaman dan lengkap dengan wahana permainan anak.

Namun bukan hanya untuk anak saja Pemprov memberikan pelayanan yang memuaskan. Pasalnya di perpustakaan Cikini nantinya akan menyediakan beberapa fasilitas yang menunjang pengunjung untuk menumbuhkan minat membaca.

“Biasanya kebanyakan orang datang ke perpustakaan hanya untuk cari bahan skripsi atau penelitian. Kami inginnya agar setiap orang jadikan membaca sebagai sebuah budaya,” ujar mantan Kabid Perpustakaan DKI Meti Lastri.

Meski saat ini menjabat sebagai Kepala Perpustakaan dan Arsip Jakbar, Meti banyak tahu mengenai program Perpustakaan DKI yang baru dibangun tersebut. Pasalnya Meti ikut menjadi orang yang membangun konsep dari Perpustakaan Cikini.

“Lantai dasar untuk pameran, area publik, atau diskusi. Kegiatannya yang visinya untuk mengembangkan kreativitas, dan membaca. Misalnya bedah buku, lomba gambar, pameran teman-teman IKJ,” kata Meti.

Lantai 1 gedung merupakan lokasi perpustakaan dewasa dan remaja. Selain itu juga ada ruang auditorium yang bisa digunakan untuk acara diskusi maupun workshop.

Perpustakaan dan layanan anak diletakkan di lantai 2 dan sebenarnya sudah cukup memuaskan. Namun menurut Meti nantinya akan lebih disempurnakan lagi.

“Area Balita untuk 5 tahun ke bawah, permainan untuk menumbuhkan cinta perpustakaan. Mulanya senang main, main permainan edukasi, lihat buku, terus jadi suka dan punya budaya membaca,” tutur Meti.

“Lantai 3 ruang referensi. Pusat dokumentasi HB Jassin akan diserahkan ke kita, kita juga ada pojok Sitor Situmorang di sini. Nanti grand opening, sekalian ada I-Jakarta itu seperti e-library,” sambungnya.

Gedung perpustakaan sendiri, kata Meti, masih akan diperluas lagi. Ke depan, beberapa fasilitas akan dibuat untuk menarik minat pengunjung. Seperti music room, ruang santai, kantin, dan lainnya.

“Music room bukan berarti tempat ngeband ya. Jadi di sana nanti ada keyboard, gitar. Pengunjung bisa gunakan tapi dengan headset, jadi nggak ganggu yang lainnya. Terus kami sediakan CD-CD juga, mulai dari lagu daerah, musik pop anak muda dan lain-lain,” jelas Meti.

Di music room ini nanti juga akan disiapkan music player sehingga pengunjung bisa mendengarkan musik pakai headset dengan menancapkan flashdisc milik sendiri. Selain itu, ruangan membaca juga akan dipasang speaker agar pengunjung bisa menikmati musik sambil membaca.

“Jadi bisa kita setelkan lagu terbaru dengan musik yang syahdu. Orang sekarang baca kan sambil dengar musik. Tapi kalau nggak suka ada suara, pengunjung bisa masuk quite room. Nanti kita buat juga ada ruang kedap suara buat band, menari, diskusi. Kita juga akan buat kantin,” terang Meti.

Perpustakaan yang ramah untuk pengunjung ini disiapkan karena Gubernur DKI Basuki T Purnama memiliki konsep untuk mendekatkan masyarakat dengan buku.

Meski saat ini jam operasional hanya sampai pukul 16.00 WIB, jika sudah resmi dibuka Perpustakaan akan melayani pengunjung setiap harinya sampai malam.

“Kami juga sudah dilengkapi wifi. Ini semua adalah peran perpustakaan untuk menumbuhkan minat membaca. Masyarakat juga bisa menjadi anggota perpustakaan. Cara buatnya gampang dan cepat kok,” ujar Meti.

Sumber: detik.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s