Ketika Mendikbud Mendongeng Kisah Si Yuli, Canangkan Gerakan 10 Menit Membaca Cerita

JAKARTA ā€“ Ada pemandangan berbeda di ruang lantai 2 perpustakaan Kemendikbud, Senayan, Jakarta, pagi tadi (29/5). Suasana cukup ramai. Sekitar 50 anak-anak usia Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) tampak antusias menunggu pendongeng memulai bercerita.

Pendongeng yang ditunggu bukan orang sembangan. Ya, dia adalah Mendikbud Anies Baswedan.

Di awal mendongeng, Anies berupaya menarik perhatian anak-anak. “Di sana ada Paman Gery yang jago mendongeng. Saya adalah Paman Anies yang akan mendongeng juga untuk kalian,” kata Anies.

Cerita dongeng yang dibawakan Anies berjudul 1.000 Sahabat Selamanya. Cerita itu ditulis oleh Clara Ng. Ceritanya tentang si Yuli yang sedang bersedih. Dia sedih karena akan mengikuti ayahnya tinggal di luar negeri.

Yuli harus berpisah dengan teman-temannya. “Yuli sedih. Dia kehilangan nafsu makan,” kata dia.

Namun, di detik-detik menjelang keberangkatan, Yuli akhirnya tidak sedih lagi. Sebab, dia diberitahu bapaknya bahwa di negara baru nanti ada saljunya. Akhirnya keluarga Yuli terbang ke luar negeri.

Dalam sambutannya sebelum mendongeng, Anies mengatakan, Kemendikbud memiliki program baru. Yakni, program Gerakan 10 Menit Membaca Cerita atau mendongeng. “Ajak anak-anak membaca,” seru Anies.

Kemudian, disiplinkan anak-anak membaca. Lalu, itu akan menjadi kebiasaan membaca, hingga akhirnya menjadi budaya membaca. Anies mengidamkan, pada 2030 nanti, angka kebiasaan membaca Indonesia menjadi yang tertinggi di ASEAN.

Menurut Anies, banyak cara membiasakan anak-anak membaca. Dia mencontohkan ketika dirinya masih kecil dulu. “Saya boleh naik sepeda kalau tujuannya ke perpustakaan di tengah kota (Jogjakarta, Red),” tuturnya.

Akhirnya, Anies pun sering ke perpustakaan setiap hari. Tapi, dia ke perpustakaan bukan karena ingin membaca. Namun, karena ingin bisa bersepeda setiap hari. “Tetapi, akhirnya mau tidak mau ketika ada di perpustakaan saya membaca buku dan menjadi kebiasaan,” pungkasnya. (wan/fal)

Sumber: jawapos.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s