Kemendikbud Canangkan ‘Gerakan Membaca 10 Menit Sehari’

JAKARTA, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencanangkan gerakan ‘Membaca 10 Menit Sehari’. Gerakan ini merupakan anjuran dari Kemendikbud agar orang tua membiasakan anak-anak untuk membaca buku setiap hari selama 10 menit, ataupun orang tua membacakan cerita (read aloud) pada anak selama 10 menit.

MENTERI Pendidikan dan kebudayaan Anies Baswedan membacakan buku cerita karya Clara NG ‘1000 Sahabat Selamanya’ pada puluhan anak PAUD dan sekolah dasar di Gedung Perpustakaan Kemendikbud, Jakarta, Jumat (29/5/2015). Kemendikbud mencanangkan gerakan ‘Membaca 10 Menit Sehari’.*

Gerakan ini menjadi salah satu upaya Kemendikbud untuk meningkatkan minat baca di Indonesia yang masih rendah. Dirjen Pendidikan Dasar Kemendikbud Hamid Muhammad mengatakan, berdasarkan hasil studi UNESCO pada tahun 2013, minat baca di Indonesia hanya 1 : 1000 orang.

“Begitu juga hasil survey BPS pada tahun 2013, orang Indonesia paling gemar menonton televisi yakni sebesar 91,68 persen, kemudian membaca surat kabar 17,6 persen. Karena itu memang luar biasa upaya yang dibutuhkan untuk meningkatkan dan mendorong minat akan literasi anak-anak kita,” ucapnya di gedung Perpustakaan Kemendikbud, Jakarta, Jumat (29/5/2015).

Karena itu dia menuturkan, pihaknya mengharapkan gerakan 10 menit membaca tersebut dapat diterapkan orang tua di rumah, dan juga pihak sekolah untuk merangsang minat baca anak.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menuturkan, mendongeng merupakan salah satu tradisi alat pengajaran tertua dalam dunia pendidikan. Mendongeng juga menjadi salah satu penyebab kelahiran budaya tulis menulis dan membaca.

“Sebelum ada teknologi tulis menulis, dan membaca, mendongeng atau bercerita adalah cara untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan. Dan yang terpenting ini adalah membangun pendidikan karakter. Instrumen yang sangat powerful,” ucapnya.

Sumber: pikiran-rakyat.com

Advertisements

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s