Kejaksaan Periksa Gedung Pemkot Depok, Termasuk Gedung Perpustakaan

DEPOK, Staf Kejaksaan Agung, serta Kejaksaan Negeri Kota Depok memeriksa 6 unit bangunan Pemerintah Kota Depok yang baru berdiri, Jumat (29/5/2015). Bangunan yang diperiksa tersebar di 3 wilayah berbeda.

Bangunan yang diperiksa seperti Balai Kota di Jalan Raya Margonda dan kompleks bangunan di Dinas Bina Marga Sumber Daya Air (Bimasda) serta Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) di Jalan Raya Bogor-Jakarta. Lalu gedung Dinas Perhubungan di Jalan Pondok Rajeg, Kecamatan Cilodong.

Staf kejaksaan tersebut pertama kali terlihat di kompleks Balai Kota Depok pada pagi hari sekitar pukul 10.00. Dengan memakai pakaian bermotif batik, mereka tampak melihat-lihat bangunan yang ada di kompleks Balai Kota Depok, seperti Gedung Perpustakaan Kota Depok, Gedung Parkir, dan Gedung Baleka II. Di ketiga gedung tersebut, mereka juga tampak memotret beberapa bagian gedungnya.

Setelah menyebar di sejumlah tempat di Balai Kota Depok, mereka kemudian dikabarkan memeriksa bangunan Dinas Bimasda dan DKP. Kedua bangunan tersebut terpisah dengan bangunan Pemkot Depok yang menyatu di Balai Kota.

Posisi kedua bangunan tersebut di Jalan Raya Bogor-Jakarta, Kecamatan Tapos. Setelahnya, mereka dikabarkan mendatangi pula Gedung Dinas Perhubungan di Pondok Rajeg.

Staf kejaksaan yang datang memeriksa sejumlah bangunan di Balai Kota itu enggan untuk diwawancarai. Pada kesempatan terpisah, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Depok Yudha Purnawan Sudiyanto mengatakan, inisiatif pemeriksaan datang dari Kejaksaan Agung.

Menurutnya, kedatangan staf Kejagung kemarin merupakan yang kedua kalinya. “Kelanjutan dari pemeriksaan itu saya tidak tahu menahu, itu dari pihak Kejagung,” ujar dia.

Yudha menambahkan, pemeriksaan gedung oleh Kejagung berawal dari laporan masyarakat serta media massa yang menyebutkan bahwa Gedung Perpustakaan Pemkot Depok ambrol. Namun, sebenarnya hanya eternit yang ambrol, bukan gedung secara keseluruhan.

Meskipun demikian, laporan serta pemberitaan di media massa itu menjadi atensi Kejagung sehingga mereka memutuskan untuk turun langsung.

Awalnya, pemeriksaan adalah di Gedung Perpustakaan Kota Depok yang baru diresmikan bulan lalu. Kemudian pemeriksaan diperluas hingga ke gedung lainnya yang tergolong baru didirikan selama dua tahun terakhir.

Sumber: pikiran-rakyat.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s