Tingkatkan Minat Baca, Perpusda Sleman Canangkan Gerakan Gemar Membaca

SLEMAN – Perpustakaan Daerah (Perpusda) Sleman mencanangkan gerakan gemar membaca bagi masyarakat. Gerakan tersebut sebagai upaya meningkatkan minat baca masyarakat.

Kepala Kantor Perpustakaan Daerah (Perpusda) Sleman, Sri Hartati, mengatakan untuk mendukung gerakan tersebut, pihaknya akan melakukan sosialisasi dan pendekatan pelayanan membaca. Sosialisasi tersebut sudah mulai dilakukan di daerah Godean.

“Sasarannya tidak hanya perpustakaan desa. Tapi dengan sekolah, perpustakaan keliling, internet keliling. Kita akan dekatkan ke masyarakat. Road show ke kecamatan,” katanya usai Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Kamis (28/5/2015).

Menurutnya jumlah perpustakaan desa di Sleman sendiri ada 69 dan 24 perpustkaan komunitas. Perpusda Sleman juga memberikan bimbingan teknis kepada pengelola perpustakaan.

“Kami terus memberikan pengarahan kepada perpustakaan desa agar semakin menarik minat masyarakat untuk membaca,” paparnya.

Asisten Sekretaris Daerah (Asekda) Bidang Pembangunan Sleman, Suyamsih mengajak seluruh masyarakat untuk membudayakan membaca. Pengelolaan perpustakaan di Sleman diminta meningkatkan pelayanan, sehingga bisa meningkatkan minat pembaca.

“Budaya membaca ini baik. Tapi di kalangan anak-anak sedikit berkurang karena perkembangan permainan individual,” ungkap Suyamsih.

Sementara itu, Kepala Direktorat Deposit Bahan Pustaka Perpustakaan Nasional RI, Lucya Dhamayanti mengatakan peringkat membaca masyarakat di Indonesia masih rendah dibandingkan negara-negara lain. Peringkat membaca di Indonesia pada posisi 124 dari 187 negara. Melihat data data tersebut peringkat membaca di Indonesia dinilai masih rendah.

“Peringkat itu masih rendah. Ini yang mendasari gerakan nasional gemar membaca. Apalagi untuk mempersiapkan ke APEC agar lebih kompetitif,” kata Lucya

Menurutnya hal itu menjadi keprihatinan dan mendorong digalakannya gerakan gemar membaca di masyarakat, termasuk di wilayah Sleman. Untuk mendukung Gerakan Gemar Membaca itu Perpusnas memberikan bantuan mobil perpustakaan keliling, elektronik library di kabupaten dan kota, bantuan sarana ke perpustakaan desa, perpustakaan lapas serta pesantren.

“Selain itu juga mendidik SDM (Sumber Daya Manusia) pengelola perpustakaan guna meningkatkan pelayanan. Memang tidak mudah untuk mengajak orang untuk membudayakan membaca. Tapi bukan berati tidak bisa, sehingga harus dilakukan terus menerus,” paparnya.

Sumber: tribunnews.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s