Perkembangan Teknologi Informatika, Minat Baca Di Perpustakaan Minim

KENDAL – Seiring dengan perkembangan pesat teknologi informasi menjadikan minta membaca di perpustakaan sangat minim. Anggota DPR RI Komisi X Yayuk Basuki Kamis (28/5) mengatakan untuk mengantisipasi minimnya minat baca di perpustakaan perlu adanya hubungan erat antara masyarakat dengan perpustakaan.

“Masyarakat harus mampu menyentuh kebutuhan masyarakat, karena itu perpustakaan perlu untuk menyesuaikan koleksi yang dimiliki dengan kebutuhan masyarakat,”ujar Yayuk.

Informasi dan komunikasi antara perpustakaan dengan masyarakat merupakan sesuatu yang penting karena tanpa adanya informasi dan komunikasi, antara keduanya tidak akan pernah ada keterikatan. Oleh karena itu perpustakaan dan masyarakat perlu menjalin komunikasi dengan lebih baik, perpustakaan perlu mengadakan program yang melibatkan masyarakat di dalamnya.

“Perpustakaan harus menjadi tempat yang menarik, sehingga perpustakaan adalah land-mark yang patut dibanggakan bagi public,” lanjutnya.

Yayuk mengatakan berdasarkan data UNESCO, presentase minat baca Indonesia sebesar 0,01 presen, artinya, dari 10.000 anak bangsa, hanya satu saja yang memiliki minat baca. Banyak faktor yang melandasi penyebab kurangnya minat baca anak Indonesia. Namun, yang paling mendasar adalah tidak adanya kebiasaan membaca yang ditanamkan sejak usia dini.

Dalam rangka memperkuat layanan perpustakaan, Komisi X mendorong adanya peningkatan sasaran pelatihan tenaga perpustakaan, uji kompetisi dan sertifikasi tenaga pustakawan dan akreditasi perpustakaan.

Sumber: krjogja.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s