Buku-buku Ini Akan Menggugah Anda Keliling Dunia

Membaca adalah cara terbaik untuk membunuh waktu saat melancong. Tapi membaca juga bisa menginspirasi seseorang untuk melakukan perjalanan. Dan berikut sejumlah buku yang mungkin perlu Anda baca untuk menjadi rujukan atau inspirasi untuk jalan-jalan mengunjungi sejumlah sudut dunia.

1. The Beach karya Alex Garland
Buku ini mengisahkan petualangan Richard tokoh protagonis, seorang pengelana dari Inggris saat berjalan-jalan di sejumlah pantai yang masih perawan di negara gajah putih, Thailand.

2. Norwegian Wood karya Haruki Murakami
Novel ini mengisahkan perjalanan Toru Watanabe, seorang mahasiswa yang haus akan petualangan. Dengan gaya penulisan narasi dari sang tokoh utama, novel ini akan menggugah rasa ingin tahu bagaimana rasanya menumpang Shinkansen dari Tokyo ke Nagano. Dan, bagi mereka yang tak suka dengan gaya surealis Murakami, jangan dulu membantah. Karena di Norwegian Wood ini, penulis Jepang ini lebih realistis.

3. Party Time: Who Runs China and How karya Rowan Callick
Dengan gaya penulisan jurnalistik menggambarkan bagaimana kehidupan di negeri tirai bambu ini. Pemenang Nobel Perdamaian Liu Xiaobo dan aktivis Ai Weiwei turut diangkat Callick dalam bukunya ini.

4. Shantaram karya Gregory David Roberts
Semua orang yang pernah berkunjung ke India pasti akan mengatakan, ke negerinya Mahatma Gandhi ini akan mengubah perspektif tentang gelandangan dan kemiskinan. Dan lewat buku ini, Robert memotret kehidupan di pemukiman kumuh di Mumbai, India lewat tokoh utamanya, Robert. Ia adalah seorang narapidana dari Australia yang melarikan diri ke India dan bersembunyi di pemukiman di Mumbai.

5. Istanbul: Memories and the City karya Orhan Pamuk
Memoar penulis terkenal asal Turki ini dengan indah menggambarkan kehidupan anak muda dan kota Istambul, salah satu kota bersejarah di Turki di era 60 hingga 80an. Pamuk yang seorang arsitek dengan cermat menceritakan suasana kota serta kesibukan selat Bosporus.

6. On The Road karya Jack Kerouac
Buku ini dijamin menggugah keinginan Anda untuk melakukan perjalanan ke negeri adidaya ini. Mencoba keretanya, atau menelusuri jalan-jalan yang menghubungkan antar negara bagian di sana. Merasakan penginapan yang unik di sana.

7. In Patagonia karya Bruce Chatwin
Saking banyaknya informasi yang terpapar di sini, buku ini dijuluki sebagai Injilnya para pengelana di Amerika Selatan. Buku ini tak hanya mengungkap kehidupan di kota-kota di sejumlah negara di Amerika Latin, tapi juga memberikan perspektif sejarah tentang kota-kota itu. (awol.com.au)

Sumber: suara.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s