Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh Gelar Rapat Koordinasi Teknis

BANDA ACEH – Badan Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Aceh menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kearsipan dan Perpustakaan Se-Aceh, Selasa (26/5) di Hotel Meuligou Meulaboh, Aceh Barat. Pelatihan selama tiga hari itu dibuka Gubernur Aceh diwakili Tim Ahli Bidang Luar Negeri, Drs H Mustafa Ahmad berlangsung selama tiga hari.

Kepala Badan Arpus Aceh, Drs Anas M Adam MPd, Rabu (27/5) mengatakan, Rakornis yang digelar 26 hingga 28 Mei mendatang diikuti 80 peserta yang terdiri dari 55 orang peserta dari 23 kabupaten/kota di Aceh dan 25 peserta mewakili Badan Arpus Provinsi Aceh. Peserta terdiri dari para kepala kantor arsip dan perpustakaan kab/kota se-Aceh, pejabat yang membidangi program serta pustakawan/arsiparis.

Disebutkannya, para narasumber pada Rakornis tahun ini, selain dari Badan Arpus Aceh juga disampaikan oleh Muzafar SE MM (Bappeda Aceh) dan Dr Taufiq Abdul Gani MEngSc (Kepala UPT Perpustakaan Unsyiah). “Rakornis bertujuan terwujudnya sinergitas program dan kegiatan bidang Kearsipan dan Perpustakaan di Provinsi Aceh, serta terciptanya sinkronisasi pelaksanaan kegiatan arsip dan perpustakaan antara provinsi dan kabupaten/kota,” katanya.

Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah dalam sambutan yang dibacakan Drs H Mustafa Ahmad memberi apresiasi terhadap kinerja semua pihak yang melaksanakan pelestarian arsip dan pengembangan perpustakaan yang berkaitan erat dengan pengembangan minat baca, pengembangan teknologi informasi bagi masyarakat masing-masing kabupaten/kota di Aceh. “Dengan pola partisipasi dan koordinasi yang sinergis antara Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota diharapkan terjalin dengan baik untuk merumuskan berbagai konsep kebijakan di bidang perpustakaan dan kearsipan,” kata Zaini Abdullah.

Sementara Wakil Bupati Aceh Barat, Drs H Rachmat Fitri HD MPA, mengharapkan agar Rakornis ini akan mensinergikan program arsip dan perpustakaan yang ada di provinsi dan di daerah. “Kiranya kantor arsip dan perpustakaan bisa membuat terobosan-terobasan dan inovasi agar minat baca generasi muda dapat meningkat,” harap Rachmat Fitri.

Sumber: tribunnews.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s