KPA dan Perpustakaan H Mahidin Said Tempati Gedung Baru

PASIRPENGARAIAN – Kantor Perpustakaan dan Arsip (KPA) Kabupaten Rokan Hulu dan Perpustakaan H Mahidin Said yang sebelumnya berada di Jalan Rokan Kelurahan Pasirpengarain, pindah menempati gedung baru dua lantai yang berlokasi di Dusun Kampung Nogori Desa Babussalam Kecamatan Rambah.

Di gedung baru yang berada di Jalan Syekh brahim tersebut di lantai 1 (satu) nya ditempati Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Rohul, sedangkan lantai II nya dijadikan ruangan Perpustakaan H Mahidin Said    Kabupaten Rokan Hulu.

Kepala KPA Kabupaten Rohul Ir Jufri MSi kepada wartawan, Selasa (26/5), menyebutkan, KPA dan Perpustakaan H Mahidin Said Rohul pindah kantor dua tiga bulan lalu. Gedung baru dua lantai yang ditempati sekarang, sifatnya hanya sementara.
Karena pemerintah daerah telah merencanakan pembangunan Perpustakaan Bertingkat III lantai yang tidak jauh dengan Kantor DPRD Rohul yang kini sedang dalam proses pembangunan di Jalan Lingkar Km 4 Pasirpengaraian.

Untuk pembangunan perpustakaan tiga tingkat itu, membutuhkan lahan yang direncanakan seluas 4  hektare. Dengan dana yang diperlukan sekitar Rp50 miliar.

‘’Master plan-nya sudah disampaikan ke Bappeda Rohul tahun 2012 lalu. Hanya saja dengan keterbatasan anggaran daerah, rencana pembangunan perpustakaan tiga tingkat itu memerlukan dana di luar APBD Rohul. Kita akan coba merebut dana APBN dan APBD Riau untuk kelangsungan pembangunan kantor perpustakaan daerah itu,’’ katanya.

Saat ini Perpustakaan H Mahidin Said Rohul telah memiliki 7.000 lebih judul buku, dengan jumlah eksampelar sekitar 40.000 buku yang bisa dipinjam.

‘’Sejak berdirinya Perpustakaan Mahidin Said Juni 2009 lalu, saat ini minat baca masyarakat dan pengunjung cukup tinggi. Saat ini ada perminta siswa dan mahasiswa supaya perspustakaan dibuka pada hari Sabtu dan Ahad untuk mencari referensi buku yang ada, ini menjadi pertimbangan kita ke depan,’’ ujarnya.

Untuk menjadi anggota perpustakaan, tidak lah sulit hanya dengan memberikan pas photo, foto copy kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP) semuanya gratis dan tidak dipungut biaya.

Sumber: riaupos.co

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s