Kuda Pustaka di Purbalingga Mendunia: Anak-anak Minta Buku Bung Karno Hingga Beternak Lele ke Kuda Pustaka

Purbalingga – Berjalannya perpustakaan keliling ‘Kuda Pustaka’ tenyata juga mendapatkan respons positif dari perangkat Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah. Bahkan semua buku yang akan dipinjamkan ke anak-anak bisa didapatkan dari perpustakaan desa setempat.

“Pak Kades mengatakan jika membutuhkan buku tidak perlu khawatir. Di perpusdes banyak buku yang bisa digunakan sebagai sarana ‘Kuda Perpus’,” kata Ridwan menirukan perkataan Kades Serang saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (23/5/2015) lalu.

Menurut dia, permintaan tersebut pertama kali dia ajukan setelah ‘Kuda Pustaka’ kekurangan buku-buku untuk dibaca oleh anak-anak. Ridwan sengaja menemui Kades setempat untuk meminta bantuan jika ada tamu yang berkaitan dengan pendidikan agar dapat dimintai bantuan buku-buku.

Mendapatkan sambutan yang baik dari perangkat desa, dirinya langsung merasa senang, bahkan dirinya sempat ditawari untuk sekalian mengelola perpustakaan desa agar bisa mendapatkan bayaran dari desa.

“Pak Kades sempat bilang kalau ‘Kuda Pustaka’ maju, perpus desa tolong dikelola sekalian saja biar nanti mas Ruri dapat bayaran dari desa, tidak seberapa yang penting cukuplah buat tambahan jajan anak-anak. Kemudian saya bilang nanti saya pikirkan lagi pak,” jawabnya.

Selain respons baik dari pihak desa setempat soal kekurangan buku bacaan pada anak-anak, rupanya minat membaca di desa tersebut terus tumbuh bukan hanya di kalangan anak-anak SD dan TPQ, namun juga anak-anak SMA dan orang dewasa lainnya. Terbukti dengan adanya permintaan buku bacaan tentang biografi Bung Karno serta buku mengenai ternak kambing, domba dan budidaya lele.

“Ada anak minta buku biografi bung karno, dia masih sekolah SMA, lalu ada lagi yang minta buku tentang ternak kambing dan domba, kemudian ada juga yang minta buku budidaya ikan lele,” jelasnya.

Namun itu semua malah membuat dirinya bingung. Dari mana dirinya bisa mendapatkan buku-buku tersebut, sedangkan untuk membelinya saja sudah tidak mungkin. Hingga akhirnya dia berkenalan dengan Joko Prasetyo, seorang pengurus perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto yang bersedia mencari kebutuhan Ridwan.

“Belum ada satu minggu dia langsung kasih kabar kalau bukunya sudah didapat. Malah dia langsung datang sendiri kesini mengantarkan buku sekalian mengunjungi ‘kuda pustaka’,” ungkapnya.

Untuk menambah semangat membaca dan meningkatkan pengetahuan umum kepada anak-anak di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah, Ridwan Sururi melalui ‘Kuda Pustaka’ mempunyai ide untuk membuat sebuah lomba cerita terutama untuk anak-anak yang meminjam buku di ‘Kuda Pustaka’.

“Saya punya ide untuk mengadakan lomba cerita terutama untuk anak yang pinjam buku dari Kuda Pustaka, dengan begitu, anak-anak akan lebih mudah menghafal,” kata Ridwan.

Menurut dia, nantinya setiap anak akan menceritakan tentang pahlawan-pahlawan yang ada di Indonesia. Oleh karena itu nantinya setiap anak akan dipinjami buku-buku tentang kepahlawanan agar bisa bercerita.

Ide mengadakan lomba tersebut disambut baik oleh pengurus perpustakaan Unsoed Purwokerto, Joko Prasetyo. Bahkan rencana lomba yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang akan dibantu dibantu sepenuhnya untuk juri, hadiah serta piagam.

“Sebenarnya saya sudah siapkan hadiah, saya dapat sumbangan alat-alat tulis dari orang, malah pa Joko mau tambah hadiah piala dan piagam, juri juga akan disiapkan, wah tambah semangat saya,” jelasnya.

Saat ini buku-buku yang ada di ‘Kuda Pustaka Gunung Slamet’ masih sebatas untuk anak-anak di TPQ dan SD, meskipun ada untuk anak kecil tapi jumlahnya masih sangat terbatas. Ke depan, ‘Kuda Pustaka’ yang ada di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah ingin merambah ke Taman Kanak-kanak (TK).

Menurut dia, sudah banyak ibu-ibu yang bertanya soal buku untuk latihan membaca anak-anak TK, namun jumlahnya belum banyak. Selain hari biasa, kuda-kuda yang dirawat oleh Ridwan juga biasa digunakan untuk mencari nafkah di Lembah Asri Wisata Desa Serang yang merupakan area wisata kebun stroberi.

Sumber:

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s